Ketahui Sebab Anak Mengompol

No comment 839 views

Si kecil masih suka mengompol? Jangan panik dulu jika kondisi ini terjadi pada anak anda karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan yang satu ini. Namun, mengetahui apa yang menjadi penyebabnya merupakan langkah awal yang tepat dalam menentukan langkah selanjutnya.

Sebab anak mengompol sebenarnya sangat banyak seperti infeksi saluran kemih atau lebih dikenal dengan ISK, gangguan persarafan di kandung kemih, faktor kejiwaan dan sebagainya. Namun, secara garis besar, satu hal yang menjadi penyebabnya adalah ISK atau masalah psikologis yang pastinya harus segera dicari penyebabnya. Sebagai langkah awal, lakukan pemeriksaan urin guna memastikan ISK tidak dialami oleh si kecil. Karena secara medis, ISK ini tidak menimbulkan gejala seperti demam atau sakit saat buang air kecil.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Mengompol

sebab anak mengompolTidak sulit sebenarnya mengatasi persoalan yang satu ini sepanjang ibu sabar dalam mengajarkan si kecil untuk melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah membantu mereka dalam mengatur pola hidup. Sebut saja membiasakan minum 1 jam sebelum tidur malam misalnya. Atau, tidak memberi minum saat si kecil terbangun tengah malam. Bisa juga dengan membiasakan anak untuk pipis sebelum tidur dan membangunkannya saat tengah malam untuk melakukan yang sama.

Mengatur suhu udara juga penting seperti penggunaan AC karena mampu merangsang si kecil untuk pipis. Lebih baik, gunakan suhu normal agar ruangan tidak terlalu dingin atau pun terasa panas. Satu hal lagi, jangan memberi minuman bersoda yang dapat membuat anak menjadi lebih sering buang air kecil.

Pentingnya Memberi Pujian

Saat si kecil melalui tahapan dalam merubah pola hidup mereka, dukungan orang tua sangatlah penting. Memberi pujian atau hadiah tatkala saat tidur malam tidak mengompol adalah langkah yang bijak. Tak lupa juga, memberi target pencapaian kepada si kecil dalam bentuk permainan akan membimbing ia secara perlahan dalam meninggalkan kebiasaan tersebut.

Satu hal yang harus dilakukan sebelum melakukan beberapa hal diatas adalah mengetahui sebab anak mengompol agar pencegahannya dapat dilakukan.

author