Ketahui Teknik Memijat Bayi Sesuai Dengan Kondisi

Di era serba teknologi yang semakin canggih, ternyata memberikan dampak begitu besar terhadap pola pikir. Hal ini kerap terjadi bagi mereka yang tinggal di perkotaan dimana tuntutan untuk bergerak cepat menjadi alasannya. Begitu juga dengan cara merawat anak yang notabene membutuhkan penanganan yang khusus terutama dalam hal memberikan pijatan yang memberi banyak manfaat.

Adalah spa anak, yang berorientasi kepada pemberian relaksasi pada si kecil dengan teknik pijatan yang sudah diakui oleh dunia medis. Biasanya, dilakukan setelah proses baby swim guna merelaksasikan tubuh akibat gerakan. Tentu, untuk menggunakan fasilitas ini, para orang tua harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Nah, agar dapat berhemat, memijat bayi dapat dilakukan di rumah sepanjang mengetahui cara pijatan yang sesuai dengan kondisi si kecil.

memijat bayi

Memijat Bayi Tatkala Demam

Memijat bayi saat si kecil menderita panas dapat dilakukan dengan cara perlahan. Artinya, tak perlu memijat layaknya orang dewasa, namun berikan sentuhan lembut yang diawali dengan pemberian baby oil yang lembut dan wangi. Kurangi tekanan kala anak merasa kesakitan atau mengelus-elus saja bagian dimana terasa sakit.

Agar si kecil lebih merasa rileks dan nyaman, ajaklah berbicara selama proses pemijatan. Bila perlu ajak bercanda dengan sesekali bernyanyi untuk dia. Dan pastikan untuk tidak memijatnya dalam waktu yang cukup lama.

Memijat Bayi Sebelum Mandi

Waktu yang tepat untuk melakukan pemijatan ini adalah pagi hari atau sebelum membersihkan si kecil. Tujuannya agar si kecil lebih terasa nyaman serta tidur pun dapat nyenyak dan tak lupa sisa-sisa minyak akan lebih mudah dibersihkan. Meskipun pagi hari adalah waktu ideal, namun bukan berarti memaksa atau membangunkannya hanya untuk dipijat.

Agar proses pemijatan dapat berlangsung dengan nyaman, sebaiknya ibu harus menyiapkan beberapa hal seperti baby oil atau minyak telon. Selain membuat kulit bayi menjadi lebih halus dan terawatt, minyak tersebut dapat mempermudah pemijatan. Kemudian, jangan lupa baringkan si kecil di atas handuk berbahan lembut agar terasa lebih santai. Tidak sulit bukan untuk memijat bayi?

author