Ketika Perawatan Payudara Saat Menyusui Begitu Penting

Memberi ASI eksklusif kepada bayi adalah hal yang terutama dan sangat penting guna menjamin tumbuh dan kembang anak nantinya. Untuk itu, asupan gizi dan nutrisi menjadi keharusan yang harus dikonsumsi oleh ibu menyusui dengan harapan memberi yang terbaik. Dan tak hanya itu, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan seperti merawat payudara secara teratur.

Adapun perawatan payudara saat menyusui memang sangat penting guna memperlancar ASI. Selain itu, juga menghindarkan gangguan seperti puting susu lecet, ASI tidak lancar berproduksi hingga payudara yang membengkak. Sebaiknya, metode ini dilakukan sesaat setelah melahirkan baik itu di rumah sakit kemudian di teruskan di rumah yang dilakukan secara rutin. Atau, setidaknya satu kali dalam sehari saat menjelang mandi.

perawatan payudara saat menyusui

Perawatan Payudara Saat Menyusui Dengan Teknik Pengurutan

Pemijatan atau pengurutan merupakan bagian dari perawatan payudara saat menyusui. Namun, tindakan ini sebaiknya dilakukan saat sudah melahirkan dan bukan selama masa kehamilan agar mencegah terjadinya kontraksi dini. Meskipun demikian, teknik ini harus dilakukan dengan cara cermat agar dapat menguatkan otot-otot pektoralis pada bagian dada.

Saat ini, ada beberapa sumber yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk melakukan teknik pijatan atau pengurutan. Termasuk, menyiapkan bahan apa saja yang akan digunakan selama melakukan proses tersebut. Jika dirasa masih kurang, ibu menyusui dapat memilih bra yang tepat agar kelenjar susu pada payudara tidak terganggu. Hindari penggunaan bra yang terlalu besar atau kecil dikarena hal ini penting karena selama menyusui bentuk payudara semakin berkembang.

Hindari Penggunaan Baby Oil

Melakukan pijatan dengan menggunakan baby oil sebagai pelicin adalah satu hal yang sangat tidak dianjurkan. Ingat, baby oil ini menggunakan bahan kimia yang pastinya bisa mengkontaminasi ASI dan beresiko pada si kecil. Untuk itu, gantilah dengan air hangat dengan menggunakan kapas khusus untuk mengoleskan pada bagian payudara. Jangan pula menggunakan sabun untuk membersihkan puting karena tetap beresiko tinggi.

Nah, dengan penjelasan diatas diharapkan saat menyusui merupakan kegiatan yang menyenangkan dan rileks. Tak hanya itu, dengan perawatan payudara saat menyusui akan menjamin kesehatan si kecil.

author