Ketika Si Kecil Kecanduan Gadget

No comment 750 views

Seiring perkembangan zaman yang berimbas pada kemajuan pesat dibidang teknologi, berbagai gadget dengan segala fitur menariknya terus bermunculan. Hal seperti ini sedikit banyak memberikan dampak pada perkembangan dan pola hidup seorang anak. Bagaimana tidak dengan bermacam fasilitas yang tersedia seperti games, musik, film, dan sebagainya membuat anak lebih senang menghabiskan waktu bersama gadget kesayangannya katimbang belajar dan bersosialisasi dengan teman sebayannya.

Hasilnya anak akan tumbuh menjadi individu yang egois dan individualis. Selain itu semangat belajarnya yang menurun juga dapat berakibat negatif pada prestasinya disekolah. Bahkan pada banyak kasus juga ditemukan bahwa anak – anak yang telah kecanduan dengan gadget akan kehilangan sebagian waktu untuk tidurnya. Hal ini jelas sangat tidak baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, masalah ini tentu tak boleh dibiarkan begitu saja dan mengganggu perkembangnnya. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Dalam mengatasi masalah ini tentu orang tua memegang andil yang sangat besar.

gadget

Tips mengatasi si kecil yang kecanduan gadget

Pertama usahakan untuk tidak memperkenalkan gadget terlalu dini pada anak. Usahakan untuk memberikan gadget kepada anak saat ia sudah bisa membedakan mana yang sekiranya baik dan mana yang tidak. Dengan demikian diharapkan anak akan dapat membedakan waktu bermain gadget dengan waktu untuk melakukan tugas lainnya.

Kedua berikan pemahaman kepada anak tentang cara yang baik dalam menggunakan gadget. Anak – anak memang akan sedikit sulit diberi pemahaman ketika ia telah menyukai sesuatu. Namun meskipun demikian tentu bukan berarti anda tidak bisa melakukannya, intinya selalu berikan pengarahan dan pemahaman kepada si kecil bagaimana dan kapan sebaiknya ia bermain dengan gadgetnya.

Ketiga berikan contoh nyata. Cara ketiga ini adalah yang paling berpengaruh pada anak. Pasalnya pada anak – anak tingkat imitasi atau menirunya sangat kuat, dengan demikian ketika anak melihat anda menggunakan gadget di setiap waktu maka ia juga pasti akan meniru anda. Oleh sebab itu usahakan untuk mengajarkan kapan sebaiknya gadget digunakan dan kapan sebaiknya dinonaktifkan.

author