Khasiat Daun Sirsak Untuk Berbagai Penyakit

Sirsak (Annona Muricata L) merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Tumbuhan ini memiliki banyak daun dan juga buah berwarna hijau. Daging buah sirsat berwarna putih dan rasanya asam, sehingga merupakan pensuplai vitamin C bagi tubuh.

Selain buahnya yang baik untuk kesehatan, ternyata daun sirsak juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Berbagai penelitian tentang kandungan dain sirsak ini telah dilakukan oleh bayak ahli, salah satunya adalah olah National Cancer Institute tahun 1976 yang menyatakan bahwa batang dan daun sirsak mengandung senyawa proaktif yang ampuh menyerang sel-sel kanker dalam tubuh.

sirsak

Ramuan sirsak untuk mencegah kanker yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan 3 gelas air. Rebus terus hingga tersisa satu gelas air saja, lalu minumlah secara rutin 2 kali sehari.

Selain sebagai obat kanker khasiat daun sirsak lainnya adalah untuk mengobati asam urat. Caranya adalah dengan menyiapkan 6-10 lembar daun sirsak yang sudah tua, lalu cuci bersih. Lalu potong-potong agar lebih banyak kandunagn daun sirsak yang keluar. Lalu rebus dengan dua gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Minumlah ramuan tersebut secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Selain itu masih banyak lagi manfaat tumbuhan sekitar yang dapat digunakan sebagai referensi obat tradisional keluarga. Hal ini penting karena obat-obatan tredisional akan lebih aman dan tidak menimbulkan efek jangka panjang bagi kesehatan.

 

 

 

 

 

author