Kiat Membersihkan Telinga Bayi

No comment 459 views

Membersihkan telinga bayi merupakan sebuah proses penting yang harus diketahui oleh setiap orang tua. Terkadang, ketika bayi lahir maka mereka belum sepenuhnya bersih dari beragam kotoran. Ada banyak kotoran yang menempel serta salah satunya di bagian telinga. Jika kotoran ini tidak segera ditangani, bisa saja mengeras serta kemudian mengakibatkan gangguan pada pendengaran. Ada baiknya, anda membaca beberapa tips singkat berikut ini dalam rangka membersihkan telinga bayi.

Menggunakan cotton buds

Gunakanlah cotton buds yang secara khusus diperuntukkan bagi bayi anda. Belilah cotton buds yang sesuai dengan lubang telinga sehingga mampu menjangkau beberapa bagian telinga bayi yang kotor. Perhatikan pula kelembutan cotton buds. Disarankan untuk memilih jenis cotton buds yang begitu lembut sehingga kulit telinga bayi yang amat sensitif, tidak akan terluka.

Memandikan bayi menggunakan air hangat

Untuk memudahkan kotoran telinga terlepas, anda dapat menggunakan air hangat sambil memandikannya. Peganglah bayi dengan aman dan pastikan pegangan anda kuat, kemudian sentuhlah bagian telinga menggunakan air hangat namun usahakan hanya menyentuh bagian luarnya saja. Apabila anda takut ada air yang masuk ke dalam telinga bayi, maka cukup gunakan handuk yang halus serta lembut dalam rangka menghilangkan kotoran.

Menggunakan ujung lap halus

Cara membersihkan telinga bayi berikutnya adalah dengan menggunakan ujung lap namun usahakan lap yang halus. Ambillah sebuah lap yang begitu halus, basahi dengan air hangat, kemudian cobalah untuk menghilangkan kotoran bayi di dalam telinga. Ingat, jangan terlalu dalam dan jangan kasar dalam melakukannya.

Baby oil

Gunakan sedikit baby oil pada ujung cotton buds sehingga bisa menghilangkan kotoran pada telinga bayi dengan baik. Baby oil juga sangat berguna dalam rangka mencegah terjadinya radang atau inflamasi pada permukaan telinga bayi.

Ahli medis

Apabila anda masih belum mampu membersihkan kotoran pada telinga bayi, maka konsultasikan hal ini ke ahli medis. Kalau perlu, biarkan mereka dan beragam metode canggihnya membersihka telinga bayi anda. Sangat penting untuk membersihkan telinga bayi karena beragam kotoran berpotensi menimbulkan efek negatif apabila tidak segera dihilangkan.

author