Kiat Memilih Perlengkapan Makan Bayi

No comment 1009 views

Memilih perlengkapan untuk kebutuhan bayi tidak boleh sembarangan mengingat daya tahan si kecil masih rentan dengan yang namanya bakteri. Termasuk dalam memilih perlengkapan makan bayi agar nutrisi dan gizi dari makanan tidak terkontaminasi dengan bahan peralatan makan tersebut. Para orang tua memang diberi kemudahan untuk memilih mulai dari model, warna hingga bentuk. Namun bukan berarti tidak memperhatikan hal-hal yang layak untuk dipertimbangkan.

Saat ini, di berbagai pusat perbelanjaan kebanyakan bahan yang digunakan adalah plastik. Padahal, bahan ini sangat mudah bereaksi terlebih saat terkena panas. Untuk itu, pilihlah bahan yang aman dan khusus diperuntukkan untuk peralatan makan sehingga kesehatan si kecil pun terjamin.

Perlengkapan Makan Bayi : Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli

perlengkapan makan bayiDi tengah kemudahan yang ditawarkan oleh para pelaku usaha yang menjual perlengkapan makan bayi baik secara online maupun lokal, ada baiknya bersikap bijak. Hal ini penting karena tidak semua perlengkapan tersebut aman untuk digunakan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli :

Menyesuaikan Dengan Usia Si Kecil

Sangat penting dalam memilih perlengkapan makan yang sesuai dengan usia mereka mulai dari bahan hingga bentuk. Hindari perlengkapan yang memiliki ujung yang tajam atau dalam ukuran besar agar tidak menyulitkan mereka. Dan jangan lupa untuk tidak menggunakan bahan yang mudah pecah.

Memilih Warna Agak Kusam

Jika memutuskan untuk menggunakan peralatan makan dari bahan plastik, pastikan warna yang dipilih adalah keruh alias tidak bening. BPA, yang merupakan bahan berbahaya biasanya digunakan untuk membuat plastik menjadi keras dan memiliki warna bening. Sementara, jika warnanya sudah keruh dipastikanakan bebas dari BPA

Memberikan Tanggung Jawab

Si kecil dapat belajar bertanggung jawab lewat perlengkapan makan yang mereka miliki. Untuk itu, para orang tua dapat memilih bahan dari keramik atau gelas sehingga mereka harus menjaga agar tidak pecah.

Dibutuhkan kecermatan dalam memilih dan yang terutama adalah tidak mudah terpengaruh dengan model atau motif yang digunakan dalam membeli perlengkapan si kecil. Apalagi, membeli karena ada diskon untuk pembelian perlengkapan makan bayi.

author