Kiat Puasa untuk Ibu Hamil agar Tetap Sehat dan Bugar

Melaksanakan ibadah puasa memang sangat dianjurkan oleh Islam kepada umatnya. Selain sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa, ternyata puasa juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun bagaimana puasa untuk ibu yang sedang hamil? Tentunya tantangan yang dihadapi oleh ibu hamil dalam menjalankan puasa berbeda dengan yang lainnya, ada tantangan yang lebih berat yang harus dihadapi. Oleh sebab itu ada beberapa tips khusus yang dapat dilakukan agar ibu hamil dapat lancar dan tetap bugar dalam menjalankan puasa.

puasa hmil

Pertama, ketika sahur usahakan untuk memilih makanan dengan kandungan protein dan lemak yang cukup. Kedua jenis zat makanan ini memiliki daya tahan yang lebih lama untuk menyimpan energi sehingga akan menunda rasa lapar ketika berpuasa. Selain itu perbanyak minum air putih vitamin C untuk menjaga kesegaran tubuh. Selanjutnya hindari makanan yang manis ketika sahur karena dapat membuat tubuh lemas dan cepat lapar.

Kedua, ketika tengah melakukan ibadah puasa disiang hari hendakanya kurangi aktivitas yang berlebihan dan menguras energi serta tambah porsi istirahat. Jangan pernah memaksakan diri jika memang merasa tak kuat atau terjadi sesuatu yang dapat membahayakan kandungan.

Ketiga, saat berbuka puasa usahakan memulai dengan minuman manis yang hangat dan hindai berbuka puasa dengan minuman dingin.  Selanjutnya makan makanan yang mengandung karbohidrat simpleks yang mudah diserap oleh tubuh seperti kurma.

author