Kiat “Super” Membentuk Pribadi Anak Sehat, Cerdas, dan Berkualitas

Memiliki buah hati yang sehat, cerdas, dan berkualitas tentu adalah dambaan dan mimpi setiap ibu di dunia. Anak yang tumbuh sehat dan cerdas tidak hanya akan membuat ibu bahagia, namun sekaligus juga akan membuatnya bangga. Pasalnya kualitas anak di usia dini akan sangat berpengaruh terhadap kualitasnya dimasa remaja dan dewasa, yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap kesuksesannya dimasa yang akan datang.

Berbicara mengenai usaha untuk membangun pribadi anak yang berkualitas, ada banyak aspek yang harus benar – benar Anda perhatikan, diantaranya adalah aspek fisik dan psikologis. Kedua aspek ini memegang andil yang cukup besar terhadap arah dan keberhasilan proses perkembangan anak.

anak cerdas

Pertama adalah aspek fisik. Untuk aspek fisik sendiri tak semata – mata tertuju pada pertumbuhan fisik yang tampak mata, namun juga termasuk pertumbuhan otak dan kesehatannya. Terkait dengan perkembangan fisik anak tentu tak dapat dipisahkan dengan masalah ketercukupan nutrisi. Pasalnya ketika si kecil tengah memasuki masa – masa usia dini yang biasanya merupakan masa pertumbuhan emasnya, nutrisi menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Nutrisi yang baik akan membuat proses tumbuh kembang yang baik pula, sebaliknya nutrisi yang buruk akan menghambat proses tersebut. Oleh sebab itu usahakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya secara baik dan seimbang. Dalam hal ini tentu menu makanan 4 sehat 5 sempurma merupakan solusi terbaik yang dapat Anda lakukan.

Kedua berkenaan dengan masalah sikologis anak, beberapa hal yang perlu Anda cermati adalah pola asuh dan pola pendidikan yang Anda terapkan. Dalam mengasuh dan mendidik anak usahakan untuk mengedepankan rasa cinta dan kasih sayang, serta hindari betul cara – cara yang kasar apalagi berbau kekerasan. Pasalnya jika Anda melakukan pola asuh yang keras dan cenderung kasar, bukan anak berkualitas yang akan Anda dapatkan, melainkan anak yang memiliki masalah psikologis.

author