Kiat Tepat Menjaga Kesehatan Paru – Paru Anak

No comment 609 views

Paru – paru dapat dikatakan sebagai salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia, tak terkecuali anak. Peranan paru – paru sangatlah vital dalam mengatur dan mempengaruhi proses respirasi atau pernafasan untuk keberlangsungan hidup manusia. Kerusakan atau gangguan pada organ pernafasan ini akan dapat berdampak cukup serius, karena berkenaan langsung dengan suplay oksigen dalam tubuh. Bahkan tidak jarang dapat menyebabkan kematian.

Oleh sebab itu kesehatan paru – paru hendaknya dapat terus dijaga agar tetap dapat bekerja secara normal. Lantas apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru – paru anak? Sebagai seorang ibu yang menghendaki si buah hati memiliki paru – paru yang sehat, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini.

olahraga

4 tips mudah menjaga kesehatan paru – paru anak

  1. Jauhkan anak dari asap rokok. Asap rokok secara kesehatan memang sangat tidak baik untuk kesehatan paru – paru. Pasalnya asap yang dihasilkan oleh pembakaran tak sempurna pada daun tembakau ini mengandung berbagai zat yang dapat menjadi racun dan menggagu kesehatan paru – paru.
  2. Atur sirkulasi udara ruangan. Selalu menjaga kondisi ruangan tetap segar dengan ventilasi yang cukup dan sirkulasi udara yang baik dapat menyehatkan paru – paru anak. Hal ini dikarenakan udara yang diserap oleh tubuh anak terbilang besih.
  3. Ajak anak berolah raga secara rutin. Berolah raga secara rutin memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan paru – paru. Namun yang perlu dicatat adalah hindari berolah raga di luar ketika ada kabut, pasalnya jika dailakukan justru dapat menyebabkan paru – paru basah.
  4. Berikan asupan sayur dan buah yang cukup. Sayur dan buah merupakan makanan yang kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan paru – paru anak.
author