Kisah Laki Laki Dermawan

No comment 708 views

Pada suatu masa, hidup seorang laki-laki dermawan yang bernama Yong. Ia sangat kaya dan suka memberi pada orang miskin. Tetapi dia merasa lama kelamaan jumlah hartanya menjadi berkurang, Yong mulai pun gelisah. Kebetulan pada saat itu, seorang pengembara bijak sedang singgah beristirahat di rumahnya. Yong pun menceritakan kegelisahan hatinya kepada sang pengembara untuk meminta nasihat bagaimana caranya agar para pengemis tidak mendatangi rumah Yong lagi untuk meminta bantuan.

“Buatlah dua pilar besar di halaman rumahmu menjadi miryek, patung batu raksasa,” kata sang pengembara. “Aku jamin pengemis tak akan datang lagi ke rumahmu”. Akhirnya Yong mengikuti saran si pengembara. Di luar dugaan, membuat dua miryek membutuhkan biaya yang sangat mahal. Uang Yong pun menjadi habis tak bersisa, dia menjadi miskin dikarenakan mengikuti saran pengembara itu.

Ketika pengembara tersebut datang kembali ke rumahnya, Yong tidak dapat menahan amarahnya kepada si pengembara dan berkata, “ Berani-beraninya kamu datang lagi ke rumahku, lihatlah hasil dari menuruti nasihatmu untuk membuat patung konyol itu, uangku habis semua dan aku sekarang menjadi orang miskin.”

“Tuan, tenangkan dirimu,” kata si pengembara dengan suara lembut. “Bukankah sudah tidak ada pengemis datang ke rumah anda? Aku tak melihat seorangpun. Coba pikirkan lagi kata-katamu tempo hari, kau tidak ingin ada pengemis yang datang ke rumahmu. Kedatangan mereka tak sanggup kau tolak, tapi juga telah menggerogoti hartamu. Tempat yang tidak akan dikunjungi peminta-minta adalah rumah orang yang tidak memiliki apa-apa bukan?” Yong pun menjadi terdiam.

author