Kisah Pianis Tanpa Lengan Yang Sukses

No comment 1022 views

Pernahkah anda mendengar nama Liu Wei (23 tahun), ? Ia pianis tanpa lengan (kedua lengannya harus diamputasi pada usia 10 karena tersetrum listrik dalam permainan petak umpet). Namun ia tetap bisa tampil memukau di depan ribuan penonton acara penyisihan “China’s Got Talent” di Shanghai Grand Theatre. Dengan jari-jari kakinya, ia sukses membawakan karya klasik milik pianis ternama asal Prancis, Richard Clayderman, yakni “Mariage D’amour”.

Liu Wei bilang, biarpun anggota tubuhnya tak lengkap, ia ikut ajang “China’s Got Talent” dengan target besar dan menantang: masuk 3 besar.

“Kita tetap harus bermimpi dan berupaya mengejar sukses yang didambakan,” demikian alasan Liu waktu itu. “Secara pribadi, saya juga ingin membuat orangtua bangga.”

Sedikit demi sedikit, pemuda asal Beijing yang mulai berlatih piano pada usia 18 tahun ini, mendekati mimpinya. Ia berhasil mengumpulkan banyak suara dari pemirsa dan lolos ke semifinal pada bulan September.

“Berapa banyak waktu yang kamu habiskan, untuk persiapan tampil di semifinal?” tanya pembawa acara, sebelum sang pianis beraksi.

“Saya menghabiskan seluruh waktu yang saya miliki,” jawab Liu singkat.

“Dengan kondisi tidak punya lengan, kenapa kamu malah memilih untuk berkarir sebagai pianis? Bukankah itu akan sangat menyulitkan?” seorang juri ikut bertanya.

“Saya tidak bisa hidup tanpa udara, air, dan musik,” demikian jawab Liu. Jawaban yang sederhana, tapi menyentuh.

Setelah itu, Liu Wei tampil memukau. Tidak hanya bermain piano, ia juga menyanyikan sebuah lagu: “The Price of Love”! Usai tampil, penonton memberinya sambutan meriah dan ketiga juri memberikan standing ovation (penghormatan sambil berdiri). Melalui penampilannya itu, sang pianis tanpa lengan masuk ke babak final.

Pada babak pemuncak tersebut, Minggu (10/10), Liu Wei berhasil mengalahkan komedian berusia 7 tahun, Zhang Fengxi. Ia membuat penonton terkesan dengan bakat dan penampilannya saat menyanyikan lagu “You’re Beautiful” sambil memainkan piano.

Pada acara penganugerahan, Liu diundang penyanyi Taiwan, Jolin Tsai, untuk menjadi seorang pemain tamu dalam tur keliling dunia Tsai. Hal itu akan memberi kesempatan kepada Liu untuk tampil di Las Vegas selama tiga bulan.

author