Kong Zi Berguru Pada Anak Kecil

No comment 946 views

Xiang Tuo adalah anak yang belum genap berumur tujuh tahun yang sangat terkenal di zaman China kuno. Anak ini terkenal dengan kepintarannya.

Suatu hari dalam perjalanan mengajar Kong Zi bertemu dengan Xiang Tuo. Melalui 40 pertanyaan yang diajukannya untuk Xiang Tuo, Kong Zi menyadari kalau Xiang Tuo adalah anak yang sungguh hebat dan ajaib. Karena semua pertanyaan dijawab cepat dengan urutan yang benar dan teliti. Xiang Tuo juga balik bertanya puluhan pertanyaan yang sulit dijawab dengan cepat oleh Kong Zi. Oleh karena itu Kong Zi berkata bahwa pengatahuan anak itu sangat luas dan dalam, maka mengajaknya bermain catur China dan bertaruh apakah anak itu bisa memenanginya.
Tapi Xiang Tuo tidak mau bertaruh. Karena bertaruh menurutnya pekerjaan yang membosankan dan tidak ada gunanya. Bertaruh lebih banyak mendatangkan kerugian daripada keuntungannya. Kong Zi kagum dan akhirnya mau berguru kepada Xiang Tuo. Sejak saat itu Kong Zi makin dikagumi karena mau berguru dengan anak kecil.
Oleh karena itu kita jangan suka mengganggap remeh orang lain. Belajar bisa diperoleh darimana saja dan dengan siapa saja. Orang yang bisa belajar darimana saja dan dengan siapa saja tanpa memandang rendah orang tersebut bisa banyak pengetahuannya. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada kisah di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

Sumber: www.shvoong.com

author