Konjungtivitis pada Bayi dan Gejala yang Menyertainya

Konjungtivitis merupakan sebuah gangguan kesehatan pada mata yang sangat sering menimpa anak – anak, bahkan ketika usianya masih bayi sekalipun. Gangguan yang lebih dikenal dengan istilah mata merah ini sebenarnya merupakan suatu peradangan yang terjadi pada bagian konjungtiva atau selaput bening yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan bagian mata yang berwarna putih.

konjungtivitis

Gejala konjugtivitis pada bayi

Konjungtivitis pada bayi biasanya ditandai dengan beberapa gejala umum seperti berikut ini. Pertama bayi akan menjadi lebih sering mengedipkan mata dan menguceknya. Wajar saja, pasalnya konjugtivitis menyebabkan rasa yang tidak nyaman seperti mata terasa gatal dan menjadi sangat sensitif terhadap rangsangan cahaya. Kedua mata si kecil akan tampak merah dan biasanya disertai dengan adanya pembengkakan di sekitar mata. Hal ini disebabkan karena terjadinya pembesarang pada pembuluh darah disektar mata. Ketiga kelopak mata bayi akan tampak sedikit lengket, terutama ketika ia bangun tidur. Selanjutnya pada bayi yang mengalami konjugtivitis produksi air mata akan sedikit mengalami peningkatan sehingga matanya akan cenderung terus berair.

Konjungtivitis ini merupakan jenis masalah kesehatn yang sangat mudah menyebar ke bagian mata yang lainnya sehingga sangat riskan menyebabkan mata rusak. Untuk itu ketika Anda mendapati masalah ini terjadi pada anak Anda, bersegera membawa si kecil ke dokter merupakan pilihan terbaik yang dapat Anda lakukan.

author