Kriteria Istri yang baik Menurut Islam

Masih melanjutkan kriteria istri dalam artikel sebelumnya. Oleh karena pentingnya menjadi isteri yang baik, mari kita simak kriteria istri yang baik menurut Islam berikut:

1. Berbusana Syar’i

Berikut adalah syarat-sayarat busana syar’i:

  • Menutup aurat yaitu seluruh anggota tubuh kecuali muka dan telapak tangan.
  • Berpakaian bukan untuk berhias dan menarik perhatian lawan jenis, seperti Firman Allah SWT:

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabarruj seperti orang-orang jahiliyyah pertama.” (QS. Al Ahzab : 33). Tabaruj berarti menampakkan perhiasan diri dan hal-hal yang mendorong syahwat.

  • Longgar dan tidak transparan
  • Tidak diberi wewangian

2. Memiliki rasa malu

Wanita yang baik hendaknya malu berdekat-dekatan dengan laki-laki lain yang bukan makhromnya. Mereka benar-benar menjaga diri serta perasaan suaminya. Contoh wanita jaman Nabi musa AS yang difirmankan Allah SWT sebagai berikut:

Dan tatkala ia sampai di sumber air negeri Mad-yan ia menjumpai di sana sekumpulan orang yang sedang meminumkan (ternaknya), dan ia men- jumpai di belakang orang banyak itu, dua orang wanita yang sedang menghambat (ternaknya). Musa berkata: “Apakah maksudmu (dengan berbuat begitu)?” Kedua wanita itu menjawab: “Kami tidak dapat meminumkan (ternak kami), sebelum pengembala-pengembala itu memulangkan (ternaknya), sedang bapak kami adalah orang tua yang telah lanjut umurnya”. Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya.” (QS. Qashash: 23-24).

suami apa adanya

Uraian diatas adalah kriteria istri yang baik yang merupakan prioritas. Masih banyak lagi kriteria istri yang baik. Selain istri serta suami yang baik, perlu juga cara-cara menjaga keharmonisan keluarga agar Anda dan keluarga tetap sakinah, mawadah, dan warahmah.

 

 

author