Langkah-Langkah Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Sembelit merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja, termasuk juga pada bayi. Jika bayi terasa sembelit, biasanya akan menangis saat sebelum BAB. Jika orang tua tidak segera mengatasinya, si bayi akan terus menangis dan akan menjadi-jadi menangisnya. Oleh karena itu, sang ibu harus mengatasi semeblit pada bayi ini. Lalu, bagaimanakah caranya?

Sembelit Pada Bayi

Sembelit Pada Bayi

Bayi sembelit memang adalah hal yang cukup sering ditemui. Namun tidak jarang para bunda kebingungan bagaimana mengatasinya. Sebenarnya ada beberapa penyebab sembelit pada bayi, salah satunya adalah kurang minum atau pengeluaran carian yang berlebihan. Namun hal ini jika sudah terjadi, Anda bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini untuk mengatasinya.

Bagaimana Langkah-Langkah Mengatasi Sembelit Pada Bayi

1. Kenali dan Pastikan Apakah Bayi Mengalami Sembelit

bayi menangis pasti memiliki beberapa sebab, bisa jadi minta minum atau memang mengalami sembelit. Beberapa tanda jika si bayi mengalami sembelit adalah BAB yang tidak rutin dan tinja keras atau padat. Biasanya terjadi pada bayi yang mengonsumsi susu formula atau bayi yang pada awalnya mengonsumsi makanan padat. Selain itu kenali juga apa penyebab dari diare tersebut.

2. Atasi Sembeli si Bayi

Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, segera atasi sembelit pada bayi Anda dengan beberapa cara. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya adalah susu formula, usahakan pada saat membuat susu formula Anda sudah membuatnya dengan benar sesuai dengan petunjuknya. Anda juga bisa memanfaatkan ASI untuk mengatasi sembelit pada bayi Anda.

3. Tambah Konsumsi Cairan

Sembelit biasanya disebabkan karena kekurangan cairan pada makanan atau apa yang dikonsumsi si bayi. Oleh karena itu usahakan konsumsi cairan lebih ditambah dengan ASI atau bisa juga dengan sedikit mengencerkan susu formula atau makanan bayi. Dengan begitu cairan yang masuk pada bayi lebih banyak.

author