Langkah Memulai Usaha Sendiri

No comment 457 views

Langkah-langkah Memulai Usaha Sendiri

1.    Memiliki gagasan yang benar
Pahami betul apa yang ingin kita lakukan. Pilihlah sesuatu yang sungguh-sungguh kita pahami. Ini akan melindungi kita dari banyak risiko.

2.    Pelajari arus persaingan
Pelajari siapa saja yang sudah aktif di bidang yang hendak kita geluti. Tentukan hal baru apa yang akan kita tawarkan.

3.    Lakukan perhitungan
Berapa besar pemodal yang kita miliki untuk diinvestasikan dan untuk penghidupan selama berapa bulan awal usaha kita? Berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut?

4.    Minta pandapat orang lain
Ada banyak agen atau biro yang didanai pemerintah untuk memberi dukungan independen. Karena lembaga-lembaga ini didanai, Kita tidak akan banyak mengeluarkan dana untuk mereka. Coba cari saran pihak lain.

5.    Tulis rencana
Tulislah rencana usaha kita secara ringkas. Banyak bank memberi panduan gratis yang bisa dimanfaatkan. Coba cek di internet atau bertanya langsung ke bank.

6.    Uji pasar
Tanpa konsumen, kita tidak akan pernah bisa mempunyai usaha. Pelajari konsumen-konsumen potensial untuk mengukur minat dan ketertarikan mereka terhadap apa yang hendak kita tawarkan. Banyak orang berhasil mendorong atasan tempat kerja mereka sebelumnya menjadi konsumen pertama usahanya. Ini contoh yang baik.

7.    Tingkatkan keuangan kita
Berusahalah agar selalu memiliki semakin banyak sumber modal dari yang dibutuhkan. Untuk tahap awal, coba pinjam dari keluarga dan teman-teman. Kita juga bisa menggadaikan sesuatu.

8.    Buka pintu
Tak seorang pun merasa siap untuk melangkah. Akan tetapi, kita bisa menepis berbagai hambatan dengan efektif bila kita benar-benar ingin mulai berdagang.

9.    Kontrol keuangan
Membelanjakan uang sangat mudah. Mencarinya sulit. Jangan membuat pengeluaran yang berlebihan. Pastikan kita selalu memetik keuntungan.

10.    Atur segalanya
Jangan terlalu larut dalam hiruk-pikuk usaha hingga tidak sempat mencermati usaha kita secara menyeluruh. Menepilah sejenak dan evaluasi kembali semua yang sedang kita kerjakan. Semua harus terdokumentasi dengan baik.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author