Langkah yang Perlu Diambil Jika Anak Demam

No comment 635 views

Jika anak demam, terkadang kita begitu panik dan bingung harus berbuat apa, padahal dengan langkah-langkah yang sederhana, kita sudah mampu menciptakan suhu tubuh yang normal. Demam merupakan suatu kondisi yang terjadi antara 36-37,5 derajat celcius. Di saat terjadi kondisi seerti ini, maka Anda harus segera melakukan tindakan untuk menurunkan demam, dan di bawah ini kami memberikan beragam poin sebagai pertolongan pertama saat anak demam.

Kompres

Kompreslah anak Anda dengan air hangat pada bagian tubuh yang memiliki pembuluh darah besar. sebagai contoh, lakukan pengompresan pada leher, ketiak, dan lipatan paha. Untuk area terbuka, kompres anak Anda pada area luar seperti dahi dan perut. Anda perlu menghindari pengompresan menggunakan air dingin atau bahkan es karena pembulu darah tepi akan mengecil dan panas tubuh akan terhalang untuk keluar.

Gunakan air hangat saat mandi

Apabila anak merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya dan ingin mandi, maka gunakanlah air hangat. Air hangat sangat baik untuk membuat tubuh kembali segar dan menghilangkan kuman serta bakteri yang melekat di kulit. Segera setelah itu, keringkan tubuh si kecil agar ia tidak kedinginan.

Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Berpakaian juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Anak diharuskan untuk mengenakan pakaian yang nyaman, dan menyerap keringat. Sehingga si kecil akan merasa nyaman dan tidak kegerahan.

Istirahat cukup

Jika anak demam, maka pastikan ia mendapatkan istirahat cukup dalam rangka memulihkan kondisi tubuh. Dengan beristirahat, ia mampu memiliki daya tahan dalam melawan infeksi. Juga, usahakan sirkulasi udara di kamarnya tetap terjaga untuk mempertahankan suhu normal.

Makanan dan obat

Buatkan si kecil makanan yang berkuah misalnya sup ayam dengan campuran sayuran yang lengkap. Cara ini dilakukan agar ia terhindar dari dehidrasi. Selain itu, beragam jus buah sangat diperlukan terutama yang mengandung vitamin C sebagai antioksidan. Juga, sediakan sirup turun panas dengan dosis yang disesuaikan.

Itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika anak demam.

author