Leukimia, Kanker Darah Pada Anak Yang Umum Terjadi

Leukimia merupakan salah satu jenis kanker darah pada anak yang paling sering terjadi. sebagian besar leukemia mempengaruhi sel-sel darah putih dimana beberapa jenis leukimia juga mempengaruhi sel darah lainnya. sel-sel leukemia yang ada di dalam tubuh anak mampu mempengaruhi dan menganggu keberadaan trombosit serta sel darah putih di dalam sum-sum tulang anak.

Sebagai orang tua, anda harus memperhatikan setiap gejala yang ditimbulkan oleh anak leukemia, dan beberapa gejalanya antara lain adalah sebagai berikut.

Anemia

Merupakan sebuah kondisi dimana sel darah merah berkurang. anemia pada anak bisa terjadi karena sel leukemia menganggu jumlah sel darah merah sehingga jumlahnya tidak berada pada taraf yang normal. Juga, peran sel darah merah sangatlah penting untuk mengangkut oksigen ke dalam jaringan tubuh.

Infeksi

Sel-sel darah putih yang menjadi sel leukemia tidak mampu lagi mencegah infeksi. Sehingga, anak-anak dengan kanker sel darah putih atau leukemia akan lebih mudah mengalami infeksi seperti demam yang sering kambuh dan sulit sembuh total meskipun telah mendapatkan pengobatan.

Trombositopenia

Ini merupakan sebuah kondisi dimana sumsum tulang tidak mampu menghasilkan trombosit dalam jumlah yang normal. Ketika sel leukemia menganggu trombosit, maka produksinya akan terganggu dan tentu saja jumlahnya tidak lagi memadai seperti biasa. Kondisi yang menyatakan bahwa anak terkena trombositpenia adalah ketika tubuh mengalami memar, dan kulit sangat mudah berdarah.

Nyeri tulang dan sendi

Pertumbuhan sel sel leukemia pada sum sum tulang akan membuat anak mengalami nyeri sendi. Bahkan ia akan mengalami pincang dan merasakan sakit yang relatif tidak masuk akan pada tulang serta sendi yang ia miliki.

Pembengkakan kelenjar getah bening

Jika anak mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, maka ia mungkin akan sulit untuk bernafas, mengeluhkan rasa sakit, dan kemudian batuk. Bagian tubuh yang paling jelas dalam rangka mendeteksi kelenjar getah bening adalah pangkal paha, leher, dada, dan juga ketiak.

Semoga informasi mengenai kanker darah pada anak di atas dapat membantu anda.

author