Macam Imunisasi yang Harus Diberikan pada Bayi

Imunisasi adalah suatu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh melalui vaksin. Vaksin tertentu akan cocok untuk mencegah penyakit tertentu, sehingga bayi akan kebal terhadap penyakit. Imunisasi pada bayi ini dapat diberikan kepada bayi sejak lahir.

Imunisasi untuk si kecil ada banyak macamnya. Pemberiannya pun ada yang disesuaikan dengan umur bayi. Berikut adalah macam-macam imunisasi yang diberikan kepada bayi:

imunisasi

1. Imunisasi BCG (Bacillus Calmete Guerin)

Vaksin BCG memberikan kekebalan aktif terhadap tuberkulosa untuk mencegah penyakit TBC. Vaksin ini diberikan kepada bayi sejak lahir.

2. Hepatitis B

Vaksin ini dikhususkan untuk mencegah penyakit Hepatitis B yang mudah menular dan berakibat fatal. . Pemberian vaksin pertama dapat dilakukan dalam kurun waktu 12 jam setelah dilahirkan.

3. Diptheria, Pertusis, dan Tetanus (DPT)

Merupakan vaksin 3 in 1 yang mencegah penyakit diptheria, pertusis, dan tetanus. Diptheria adalah suatu penyakit yang menyerang tenggorokan. Pertusis adalah infeksi bakteri pada saluran pernafasan yang ditandai dengan batuk dan suaranafas melengking.Infeksi bakteri yang mengakibatkan kejang atau kekakuan pada rahang. Vaksin ini dapat diberikan pertama kali pada bayi ketika berumur lebih dari 6 minggu.

4. Polio

Imunisasi polio bertujuan untuk untuk menimbulkan kekebalan aktif terhadap penyakit polimielitis. Vaksin pertama dapat diberikan saat kunjungan pertama setelah bayi lahir.

5. Campak

Campak pertama kali diberikan saat anak umur 9 bulan. Tujuannya adalah untuk menghindari penyakit measles atau morbili (campak).

author