Madu Murni Asli

No comment 605 views

Manfaat madu yang sangat berguna bagi tubuh membuat masyarakat memburu madu. Namun, madu juga rentan menjadi objek pemalsuan. Oleh Karena itu, kita  harus mengetahui ilmunya. Dengan begitu, minimal tidak ikut terjebak pada beberapa anggapan salah yang telah beredar di masyarakat mengenai madu ini, seperti:

Madu alami (asli) tidak dikerubutin semut sedang madu palsu dikerubutin semut. Pemahaman ini terbalik, justru madu alami (asli) yang dikerubutin semut, bahkan banyak lebah yang mati di sarangnya karena dikerubutin semut yang akan menghisap madu. Sementara madu palsu tidak dikerubutin semut karena di antara bahan pokoknya berupa ragi atau zat kimiawi.

Madu alami (asli) tidak membeku bila diletakkan dikulkas, sedangkan madu palsu membeku dengan perlakuan yang sama. Pemahaman ini terbalik, justru madu alami (asli) dimungkinkan bisa membeku. Hal ini dikarenakan, dalam madu alami terkandung mineral yang dapat mencapai 25%. Sebotol madu alami (asli) akan rusak jika bercampur dengan air biasa walaupun hanya setetes. Oleh karena itu, sebaiknya madu alami tidak diletakkan didalam kulkas, tapi diletakkan pada ruangan dengan suhu biasa.

Warna madu alami (asli) harus bening atau transparan (tembus pandang). Pemahaman ini tidak selalu benar. Madu alami tidak selalu bening/tembus pandang, bergantung dari jenis bunga yang dikonsumsi lebah, seperti madu kaliandra yang berwana putih kekuning-kuningan.

Madu alami (asli) tidak mengkristal jika didiamkan. Pemahaman ini keliru. Madu alami (asli) bisa mengkristal bergantung dari bunga yang dikonsumsi lebah, seperti madu kaliandra dan madu randu dapat memunculkan kristal jika didiamkan. Namun kristal itu akan hilang jika botol dikocok.

Madu alami (asli) tidak terlalu masam. Belum tentu, pemahaman ini juga keliru. Tingkat kemasaman madu tergantung lebahnya. Misalnya, madu lebah lanceng justru dominan masam.

Kuning telur dapat matang jika dimasukkan ke dalam madu alami (asli). Madu palsu pun mampu membuat telur manjadi matang, karena di antara bahan madu palsu adalah ragi yang memiliki sifat hangat.

Madu palsu mengeluarkan busa dan uap seperti minuman kemasan bersoda dan ketika tutup botol madu dibuka dapat meletup. Padahal madu asli pun dapat mengalami hal yang sama. Jerigen plastik dapat menggelembung jika dibiarkan beberapa hari, terutama untuk madu yang baru pertama kali dipetik. Apalagi untuk beberapa jenis bunga tertentu.

Madu alami (asli) rasanya manis. Belum tentu, tingkat kemanisan rasa madu sangat tergantung dari apa yang dikonsumsi lebah. Seperti lebah madu yang mengkonsumsi bunga rondo noleh, dapat menyebakan rasa madu agak sedikit pahit.

Sekarang ini banyak oknum yang tidak memegang amanah. Hanya untuk mengejar keuntungan yang tidak seberapa tega mencelakakan kesehatan orang banyak. Mulai dari makanan kadaluarsa yang diolah lagi, daging sampah, daging glonggongan, makanan yang berpengawet dan lain-lain. Madu pun tak luput dari sasarannya, madu palsu dapat dibuat dengan suatu rekayasa sehingga memiliki sifat, rasa dan aroma yan sangat mirip dengan madu asli. Oleh karena itu, kita harus memiliki pengetahuan untuk membedakan madu alami dan palsu.

Beberapa Cara Membedakan Madu Alami dan Madu Palsu

Tuangkan madu setengah sendok teh di atas piring yang datar, tuangkan air 5-7 sendok makan, gerak-gerakkan piring dengan gerakan melingkar hingga air bercampur dengan madu. Madu alami (asli) akan menampakkan sangat jelas bentuk seperti sarang lebah di seluruh cairan madu, sedangkan madu palsu tidak menampakkan tanda itu.

Panaskan setengah sendok makan madu di atas lilin. Tunggu hingga mendidih, biarkan sekitar 15 detik. Madu alami (asli) mendidih hingga busanya tumpah. Sedangkan madu palsu tidak tumpah dan buihnya kecil-kecil.

Tuangkan madu ke dalam botol hingga separuh. Kocoklah selama 2 menit. Biarkan beberapa saat. Madu asli mengeluarkan butir-butir buih secara merata, lalu butir-butir buih itu bergerak perlahan ke atas. Pada madu palsu buti-butir buih itu bergerak lebih cepat.

Mengenal madu dari high desert

Madu kaya akan kandungan enzim, vitamin dan mineral. Penelitian membuktikan madu yang terbaik adalah yang berasal dari bunga clover, seperti yang ada di High Desert Clover Honey

HD Clover Honey terbukti :
-membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, seperti dapat mengatasi konstipasi/sembelit dan luka (tukak) lambung, meningkatkan penyerapan nutrisi, serta menjaga keseimbangan bakteri menguntungkan dan menghambat bakteri merugikan.
-sebagai  sumber energi.
-sebagai pengganti gula yang aman sehingga baik untuk penderita diabetes.
-baik untuk sistem pernapasan karena madu bersifat mukolitik (mengencerkan dahak)
-menyembuhkan luka berair atau bernanah karena HD Clover bersifat higroskopis (menyerap air). cukup dengan mengoleskan HD Clover Honey kepermukaan luka.

author