Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi

No comment 2784 views

Bayi pada umumnya hanya diberi air susu ibu (ASI), namun setelah usianya melebihi 6 bulan sebenarnya kita sebagai orang tua sudah harus membiasakan memberi bayi makanan yang memiliki tekstur sedikit lebih padat, misalnya seperti bubur. Sebab ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan ke atas, tubuhnya sudah bisa memproduksi enzim – enzim pencernaan, sehingga ketika diberi makanan yang sedikit padat akan bisa dicernanya.

bayi-makan

Membiasakan bayi untuk memberi makanan dengan tekstur yang lebih padat memang sudah dianjurkan oleh para dokter, namun jangan sampai lupa jika makanan yang dikonsumsinya juga harus sesuai dengan kebutuhan si buah hati. Dan berikut ini telah kami rangkumkan informasi terkait makanan sehat untuk bayi yang baru berusia 6 bulan, berikut informasi selengkapnya.

Bahan :
1. 20 gram tahu yang sudah dihaluskan
2. 40 gram ikan sarden dicincang
3. 500 ml sari tomat, bisa dari jus tomat
4. 25 gram kacang tanah yang sudah direbus dan dihaluskan
5. 25 gram beras merah

Cara Membuat :
1. Silakan cuci terlebih dahulu beras merah, kemudian campurkan dengan sari tomat yang telah dibuat jus, selanjutnya masak hingga 20 menit.
2. Setelah 20 menit, silakan campurkan semua bahan lainya seperti tahu, ikan sarden, kacang, termasuk juga garam.
3. Tunggu selama 5 menit sambil mencampur semua bahan tadi, dan bubur sudah jadi.

Bubur merupakan menu sehat terbaik untuk bayi yang masih berusi 6 bulan, terlebih bubur yang terdiri dari bahan – bahan sperti di atas sudah mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin sesuai kebutuhan sang bayi. Jadi dengan rutin mengkonsumsi bubur yang juga terdiri dari beras merah akan membuat tumbuh kembang anak semakin baik, sebab beras merah sendiri merupakan sumber karbohidrat terbaik. Semenatara untuk minuman sang bayi, anda tetap dianjurkan memberikan ASI sampai bayi berusia minimal 1 tahun baru diberikan susu kaleng.

author