Makanan Tepat untuk Menambah Berat Badan Bayi secara Cepat

Apa yang menjadi kebanggan Ibu terhadap bayinya? Salah satunya adalah pertumbuhan yang cepat dan sehat. Benar saja ketika bayi mulai melalui tahap demi tahap pertumbuhan dengan normal tentu ibu akan merasakan kebahagiaan dan kebanggaan yang tak terkira. Selain itu kebahagiaan lain akan muncul mana kala si kecil dapat tumbuh menjadi bayi yang gemuk dan sehat. Bayi yang gemuk memang akan nampak sangat menggemaskan.

Namun sayangnya tidak semua bayi secara alami memiliki badan yang gemuk seperti yang kebanyakan ibu harapkan. Tidak sedikit bayi yang tumbuh dengan kondisi badan yang kurus dengan berat badan di bawah normal. Hal seperti ini tentu tidak diinginkan oleh siapapun. Akan tetapi jika si kecil mengalaminya, Andapun tak boleh berkecil hati. Segera ketahui apa penyebabnya kemudian lakukan solusi terbaik untuk meningkatkan berat badan si kecil.

Salah satu penyebab utama bayi kurus atau berat badan tidak ideal adalah faktor gizi. Untuk itu pastikan bayi Anda mendapat asupan gizi atau nutrisi yang cukup dan seimbang. Berikut jenis asupan tepat untuk menambah berat badan bayi secara cepat:

asi

# ASI berkualitas

Tidak dapat dipungkiri ASI memegang andil besar dalam ketercukupan nutrisinya, terlebih untuk bayi dibawah 6 bulan. ASI berkualitas akan sangat membantu untuk menambah berat badan bayi. Untuk mendapatkan ASI yang berkualitas Anda harus benar – benar memperhatikan nutrisi sehari – hari Anda, pastikan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh telah tercukupi dengan baik.

# Makanan Pendamping ASI yang Tepat

Makanan pendamping ASI (MPASI) dapat mulai Anda berikan ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan. MPASI akan sangat membantu memberikan nutrisi tambahan bagi bayi. Agar bayi Anda cepat gemuk pastikan komposisi MPASI yang Anda berikan tepat, yaitu 50% karbohidrat dan 50% lauk serta sayur.

author