Makanan Tinggi Akan Asam Lemak Esensial

No comment 954 views

Asam lemak esensial merupakan lemak tak jenuh yang dapat memberikan manfaat nyata terhadap kesehatan. Manfaatnya begitu besar mulai dari perlindungan penyakit jantung, sifat anti inflamasi, dan peningkatan kecerdasan otak seorang anak.

Di bawah ini, ada beragam makanan yang tinggi akan asam lemak esensial serta menjadi bagian penting dalam perkembangan gizi seorang anak.

Ikan air dingin

Ikan air dingin seperti salmon dan tuna merupakan sebuah sumber protein, omega-3, selenium, serta vitamin D. Kendati demikian, ada tingkatan merkuri yang cukup tinggi di dalam ikan air dingin saat ini terutama ikan tuna. Jadi sangat dianjurkan untuk berhati-hati dalam memilih ikan. Diperkirakan bahwa kadar merkuri di lingkungan telah meningkat tiga sampai lima kali di abad terakhir karena operasi industri seperti pulp, pengolahan kertas, membakar sampah dan bahan bakar fosil, dan operasi penambangan. Merkuri merupakan unsur yang beracun dalam segala bentuknya serta harus dihindari.

Biji Rami

Biji rami dan minyak biji rami merupakan sumber yang baik dari lemak omega-3. Seluruh biji rami dapat dibeli di sebagian besar makanan atau toko kesehatan. Dari dalam biji rami, anak anda akan mendapatkan kandungan serat, asam lemak omega-3, dan tentu saja vitamin penting lainnya.

Telur

Telur juga mengandung asan lemak omega-3 yang sangat mudah ditemukan serta memberikan nutrisi yang teramat tinggi. Bahkan, rata-rata berukuran omega-3 butir telur mengandung sekitar 320 mg omega-3 sementara telur biasa mengandung sekitar 63 mg omega-3.

Kacang  

Almond, walnut, kacang mete dan kenari adalah camilan makanan yang lezat dan bergizi. Kenari sangat tinggi dalam kandungan asam lemak omega-3. Bahkan, ¼ cangkir kenari mengandung 2,3 gram lemak omega-3, sekitar 91% dari nilai harian yang diperlukan untuk omega-3. Walnut juga merupakan sumber yang kaya lemak tak jenuh tunggal, suatu lemak penting yang diperlukan dalam meningkatkan kesehatan jantung anak anda.

Minyak Ikan

Meskipun tidak secara teknis berupa makanan, namun minyak ikan adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan anak mendapatkan jumlah yang cukup dari omega-3 dalam makanan harian. Minyak ikan sangat bermanfaat sebagai suplemen omega-3 dan dosis setiap minggu yang disarankan adalah 12 ons.

Itulah beragam makanan yang mengandung asam lemak esensial untuk anak Anda.

author