Makanan Yang Baik Untuk Balita

No comment 455 views

Makanan Yang Baik Untuk Balita – Anak balita sering kita lihat mengkonsumsi beragam makanan yang secara langsung mampu memberikan dampak buruk terhadap giginya. Seorang anak balita rata-rata sangat menyukai beragam makanan perusak gigi seperti cokelat, permen, dan makanan manis lainnya. Padahal, masa balita merupakan masa utama dalam menjaga kesehatan gigi, ketika seorang anak telah terbiasa mengkonsumsi sembarang makanan, maka bisa saja ia memperoleh rasa sakit dan disiplin buruk ketika dewasa. Di bawah ini, ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan balita terutama pada kesehatan giginya.

Rendah gula

Ketika kecil, akan lebih baik apabila anak tidak diperkenalkan pada makanan dan minuman yang manis-manis.  Sebab jika sudah terbiasa, sangat sulit untuk membiasakan mereka mengonsumsi makanan lain yang lebih sehat dan melepaskan pengaruh terhadap makanan manis tersebut. Beberapa makanan dengan kadar gula tinggi juga bukan hanya memberikan hal buruk kepada kesehatan gigi balita, namun lebih dari itu makanan ini juga memberikan keburukan terhadap sistem kesehatannya di masa kini dan nanti. Bisa jadi, seorang balita berpotensi terkena diabetes ketika ia terus mengkonsumsi makanan yang tinggi gula.

 Tinggi serat

Makanan yang tinggi serat dapat membantu membersihkan gigi anak ketika dikonsumsi. Ini membawa kebaikan dua kali lipat, enak dimakan dan bermanfaat. Sayuran serta buah merupakan makanan yang tinggi akan serat dan sudah seharusnya dikonsumsi secara teratur oleh balita.

Tinggi kalsium

Susu dan keju tentu baik bagi pertumbuhan gigi balita. Biasakan bagi balita anda untuk mengkonsumsi segelas susu setiap pagi agar ia mendapatkan tingkat kalsium yang begitu tinggi serta mampu menunjang kebutuhan tulang dan giginya secara baik. Makanan tinggi kalsium lainnya juga bisa ditemukan pada sayuran seperti brokoli.

Air putih

Selalu konsumsi air putih untuk terus membersihkan sela-sela gigi balita terutama setelah makan. Biasakan pula untuk berkumur menggunakan air putih atau menggosok gigi setelah balita selesai menguyah makanan yang ada.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan balita terutama sebagai perlindungan gigi balta tersebut.

author