Maksimalkan Suasana Rumah untuk Perkembangan Anak Autis

Anak autis dipandang sebagai anak berkebutuhan khusus yang mengalami masalah pada perkembangan kemampuan komunikasi dan nteraksi sosialnya. Anak dengan kondisi seperti ini membutuhkan perhatian dan pendampingan lebih dari orang – orang disekitarnya. Dalam hal ini tentu orang tua dan keluargalah yang memiliki peran terpenting untuk melakukannya, karena sebagian besar hidup anak autis adalah dirumah dan keluargalah yang paling dekat.

Oleh sebab itu rumah dapat dipandang sebagai tempat yang tepat untuk melakukan pendidikan dan pembimbingan agar anak autis dapat terus tumbuh dan kemampuaan intelektualnya dapat terus berkembang. Untuk melakukan hal ini tentulah suasana rumah menjadi faktor yang sangat menentukan dan memegang kunci keberhasilan. Suasana rumah haruslah dibuat sebaik dan senyaman mungkin, sehingga akan sangat bersahabat untuk anak autis.

autis

Tips memaksimalkan suasana rumah untuk terapi anak autis

Untuk menciptakan suasana tersebut, hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menset ruangan dengan kesan santai dan hangat sehingga anak dapat betah berada di ruangan tersebut. Kemudian dalam ruangan tersebut cobalah untuk berinteraksi dengan menunjukkan rasa kasih sayang yang hangat pada si anak. Setelah anak merasa nyaman mulailah untuk melakukan bimbingan atau pengajaran pada anak, namun harus tetap dalam suasana yang santai.

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat suasana rumah yang terkesan menyenangkan, misalnya dengan berkumpul bersama keluarga dan menyanyikan beberapa lagu yang membangktkan semangat anak. Hal seperti ini diharapkan dapat menarik perhatian anak dan membuatnya bahagia. Setelah itu, di dalam rasa kebahagiaannya itu sisipkan beberapa bimbingan untuk anak autis dengan beberapa nasihat sederhana.

Cara terakir adalah dengan menuruti kemauan anak. Ciptakan suasana kebahagiaan pada hati anak dengan menuruti beberapa keinginannya. Hal seperti ini akan cukup efektif untuk membuat anak senang, dengan demikian anak akan lebih mudah untuk dibimbing atau diajak belajar.

author