Manajemen Keuangan Keluarga

No comment 2168 views

Setiap keluarga memiliki cara masing-masing untuk mengatur manajemen keuangan keluarga, dari cara yang sederhana hingga ke cara yang mendetail. Lalu, siapa yang bertugas mengatur manajemen keuangan keluarga? Ada beberapa keluarga yang keuangan keluarga diatur sepenuhnya oleh Ibu Rumah Tangga (istri), jadi suami (kepala keluarga) akan menyerahkan seluruh penghasilannya kepada istri untuk dikelola. Jadi, istri disini benar-benar bertindak sebagai ‘menteri keuangan’ keluarga :-)

Tapi ada juga dimana kepala rumah tanggalah yang mengatur manajemen keuangan keluarga. istri hanya akan mendapatkan uang untuk belanja keperluan rumah tangga sehari-hari. Selain itu,  ada juga keuangan keluarga yang diatur bersama, biasanya cara ini berlaku bagi suami istri bekerja dan pengaturan keuangan berlaku berdasarkan kesepakatan pos-pos mana yang menjadi bagian suami dan pos-pos mana yang menjadi bagian istri. Contoh, suami bertanggung jawab untuk membayar uang sekolah, tagihan listrik, air, cicilan mobil/motor dan sebagainya. Sedangkan istri bertanggung jawab untuk belanja kebutuhan hari-hari.

Menurut sifatnya ada 2 jenis sumber penghasilan, yaitu sumber penghasilan yang bersifat tetap (gaji perbulan) dan sumber penghasilan bersifat tidak tetap (uang dari bewirausaha). Dari penghasilan tetap itu ada baiknya sudah dipisahkan untuk pengeluaran rutin sesuai pos-posnya tersendiri. Misalnya : tabungan , investasi, tagihan listrik, air, uang makan, dan ongkos sehari-hari untuk anak dan suami/istri. Sementara itu, dari penghasilan yang bersifat tidak tetap ini bisa digunakan untuk pengembangan investasi dan saving. Saving bisa untuk liburan atau biaya tak terduga termasuk untuk jaminan kesehatan.

Jika belum terbiasa dalam mengatur manajemen keuangan keluarga, mungkin akan menemui kesulitan, tapi jika sudah terbiasa maka hal itu tidak akan terasa sulit lagi. Biasakan untuk selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran keluarga. Dan perlu diingat bahwa menabung/saving harus dilakukan di awal bulan :-)

 

 

author