Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil dan Janin

No comment 912 views

Bagi ibu hamil, menjaga asupan makanan adalah salah satu cara untuk memastikan kebutuhan gizi serta nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin. Apalagi, di usia kehamilan memasuki trimester pertama sangat berpengaruh kepada perkembangan otak dan sel syaraf terjadi. Selain itu, resiko keguguran pun kerap terjadi di usia kehamilan muda. Nah, salah satu jenis makanan yang banyak dianjurkan adalah alpukat. Apa sih manfaat alpukat untuk ibu hamil?

Sebagai buah yang mengandung lemak baik untuk tubuh, sangat disarankan untuk dikonsumsi. Kandungan yang terdapat di dalamnya seperti asam folat, vitamin E, serat dan caretenoid adalah elemen penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Untuk yang terakhir ini, berfungsi untuk membantu tubuh dalam menyerap segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama masa kehamilan.

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil dengan Memilih Buah Yang Tepat

manfaat alpukat untuk ibu hamilAdapun manfaat alpukat untuk ibu hamil akan lebih maksimal jika memilih buah yang tepat. Artinya, memilih alpukat yang masih dalam kondisi baik dan tidak busuk adalah langkah yang tepat. Jika tidak, selain rasanya yang kurang enak, buah tersebut beresiko mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, proses pengolahan pun layak untuk diperhatikan agar nutrisi serta gizi yang terdapat didalamnya tidak hilang. Seperti menggunakan pemanis dalam kadar tertentu agar tidak membahayakan kondisi kesehatan janin. Lebih baik, gunakan madu untuk memberi rasa pada alpukat yang dihaluskan misalnya.

Berikut ini beberapa manfaat alpukat untuk ibu hamil yang layak dilakukan :

# Mengandung asam folat yang berfungsi baik untuk pembentukan otak dan sumsum tulang belakang. Jika selama masa hamil kekurangan zat ini, kemungkinan bayi akan lahir cacat pada saluran kemih, bibir sumbing, dan gangguan jantung.

# Mengandung kalium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah serta menstabilkan debar jantung. Membantu pembentukan sistem saraf pada janin serta membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih sehat dan dapat menangkal radikal bebas.

Nah, dengan mengetahui proses pengolahan yang tepat dapat dipastikan janin akan mendapatkan manfaat alpukat untuk ibu hamil.

author