Manfaat Baby Spa dan Peralatan Yang Dibutuhkan

No comment 1574 views

Kebutuhan bayi yang baru saja lahir sangat sederhana yaitu akan tidur saat ia lelah, dan makan jika ia merasa lapar. Namun, karena kondisi perut yang masih kecil sehingga mudah cepat terisi namun mudah juga cepat kosong membuat ia kerap bangun kurang lebih 2 hingga 4 jam kemudian. Tentu saja, aktifitas tidurnya menjadi mudah terganggu dan sangat berpengaruh kepada pertumbuhan si kecil seperti berat badan yang menyusut misalnya.

Mungkin sebagian para ibu pernah mendengar nasihat untuk beristirahat di kala si kecil tertidur agar energi ibu dapat pulih kembali. Hal ini penting agar keseimbangan tetap terjaga dan kesehatan ibu pun tetap dalam kondisi pulih. Namun, bagaimana jika bayi sulit tidur dengan nyaman dikarenakan faktor diatas? Jangan panik, ada baby spa yang saat ini sedang populer di perkotaan yang tentu saja memberikan banyak manfaat.

baby spaPerawatan baby spa itu sendiri adalah kegiatan memijat dan memandikannya dengan air hangat dengan tujuan untuk memberikan relaksasi pada si kecil. Aktifitas ini dapat dilakukan secara rutin yang akan membuat si kecil menjadi mudah tertidur nyenyak. Bahkan, menurut sebuah penelitian secara medis, memijat dengan lembut lebih efektif dibandingkan dengan menggendong atau pun mengayunkannya. Tak hanya itu, produksi hormon melatonin akan dapat diproduksi yang membantu proses pembentukan pola tidur.

Baby Spa dan Peralatan Yang Harus Dipersiapkan

Untuk melakukan baby spa, tak perlu pergi ke salon khusus anak dimana pastinya akan membutuhkan biaya yang lumayan besar. Aktifitas ini dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan peralatan yang sederhana. Tak hanya itu, dengan melakukannya secara rutin akan menciptakan ikatan emosional antara ibu dan anak.

Peralatan apa saja yang dibutuhkan? Salah satunya adalah memilih bak mandi bayi yang tepat. Belilah bak mandi yang khusus untuk bayi dan balita. Biasanya, bak mandi tersebut sudah dirancang sesuai dengan kondisi si kecil seperti memiliki lekukan atau anti selip di permukaannya. Tujuannya, agar si kecil tidak mudah tergelincir saat duduk di dalam bak mandi. Satu hal lagi, saat melakukan baby spa, pilihlah produk bayi yang aman bagi kulit dan tidak menimbulkan iritasi terutama pada mata.

author