Manfaat Bayam bagi Kesehatan yang Sering Terabaikan

Sayur bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah tumbuh di wilayah Indonesia. Di pasar tradisional dan super market pun sayur dengan warna hijau segar ini banyak dijual, harganya pun cukup murah. Terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat.

Sayur bayam dapat diolah menjadi seberbagai menu makanan lezat. Selain lezat tentunya juga sehat, karena sayur bayam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut penelitian setiap 100 gram daun bayam segar mengandung sekitar 3.2 gram karbohidrat, 2.3 gram protein, 3 gram zat besi, 81 gram calsium, serta berbagai vitamin dan mineral.

Sayangnya seringkali kebanyakan orang belum begitu paham dengan masalah ini, sehingga cenderung menyepelekan sayur bayam. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan kupas tuntas 3 manfaat sayur bayam bagi kesehatan yang kurang diketahui orang. Berikut selengkapnya:

bayam

  1. Mencegah dan melawan sel kanker

Sayur bayam kaya akan vitamin A dan C, serat, asam folat serta 13 zat flavonoid, dimana kesemuanya berperan aktif dalam melawan sel kanker. Menurut sebuah penelitian, kandungan yang terdapat dalam sayur bayam ini mampu meminimalkan resiko penyakit kanker sebesar 34%. Terutama kanker kulit, perut, rahim, payudara, dan prostat.

  1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan folat yang terdapat dalam sayur bayam terbukti secara klinis mampu menurunkan kandungan kalium dan sodium yang terdapat dalam sayur bayam sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan serupa juga mampu melemaskan pembuluh darah yang bermanfaat untuk menjaga aliran darah tetap lancar.

  1. Mencegah Anemia

Sayur bayam merupakan sumber zat besi alami yang baik bagi tubuh. Zat besi ini sangat berguna untuk mencegah tejadinya anemia, karena dapat membantu proses regenerasi serta produksi sel darah merah.

Demikian beberapa manfaat sayur bayam bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. semoga bermanfaat.

author