Manfaat Bayi Tidur Tengkurap

No comment 2773 views

Semua orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, oleh karena itu jika ada perilaku anak yang dikira salah orang tua selalu berusaha memperbaikinya. Namun apa yang menurut orang tua tersebut salah belum tentu itu benar salah, seperti bayi tengkurap misalnya. Banyak orang tua yang khawatir karena bayinya tidur tengkurap, takut jika bakal terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

bayi tengkurap

Namun sebenarnya bayi yang tidur tengkurap juga memiliki manfaat. Dan bahkan bisa membantu tumbuh kembang bayi menjadi lebih baik, oleh karena itu jika bayi anda tidur tengkurap sebaiknya biarkan saja. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat bayi tidur tengkurap, yang pastinya sangat berpengaruh untuk perkembangan si bayi, berikut informasi selengkapnya.

Membuat Tidur Bayi Lebih Nyenyak
Percaya atau tidak, bayi ang tidur tengkurap merasa lebih nyaman dan membuat tidurnya semakin neyenyak. Bahkan bayi yang sering tidur tengkurap cenderung menjadi lebih jarang menangih ketika terbangun, sebab iya merasakan posisi yang nyaman ketika baru bangun tidur.

Mencegah Kepala Gepeng
Mungkin ada yang mengalaminya, jadi ketika bayi tidur dengan posisi yang sama secara terus menerus dapat menyebabkan kepalanya menjadi gepeng. Maka dari itu, sebaiknya biarkan si bayi merubah – merubah posisi tidurnya dari telentang, miring dan juga tengkurap.

Kemampuan Motorik
Jika bayi anda sudah mampu tidur tengkurap dengan sendirinya, sebaiknya hal tersebut memang harus dibiarkan. Sebab hal tersebut dapat membantu perkembangan motorik kasar pada bayi, misalkan nantinya setelah bisa tidur tengkurap si bayi akan bisa berguling – guling dan merangkak.

Meski ada manfaatnya, namun untuk bayi yang masih belum dapat mengangkat kepalanya sendiri ketika tertidur tidak disarankan untuk tidur tengkurap. Selain itu, untuk bayi prematur juga dilarang untuk tidur tengkurap karena belum semua organnya tumbuh dengan sempurna.

author