Manfaat Blimbing Wuluh bagi Kesehatan Keluarga

Anda tahu blimbing wuluh? Blimbing ini tidak memiliki bentuk seperti blimbing buah pada umumnya yang berbentuk seperti bintang, namun blimbing wuluh berbentuk bulat lonjong. Blimbing wuluh terkenal dengan rasanya yanag asam sehingga dikenal pula dengan sebutan blimbing asam dan blimbing sayur.

Blimbing wuluh bisa diolah dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dapur. Seperti misalnya penambah rasa untuk sayur asem, untuk bahan rujak, serta untuk campuran jus agar lebih segar. Namun selain memiliki kegunaan untuk memasak, ternyata blimbing wuluh ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mengobati sariawan, menghilangkan jerawat, sampai membantu mencegah diabetes.

blimbing

Berikut beberapa manfaat buah blimbing wuluh untuk kesehatan Anda dan keluarga:

  • Mengobati batuk

Blimbing wuluh memang sejak jaman nenek moyang telah dipercaya mampu menyembuhkan batuk. Caranya ambil beberapa buah blimbing wuluh kemudian potong – potong. Lalu rebus bersama 4 gelas air dan tambahkan sedikit gula batu. Rebus hingga mendidih dan kira – kira airnya tinggal tersisa 2 gelas. Minum selagi hangat secara teratur dua kali sehari.

  • Mengobati sariawan

Selain sebagai obat batuk blimbing wuluh juga dapat digunakan sebagai ramuan tradisional untuk sariawan. Caranya siapkan terlebih dulu bahan – bahan untuk membuat ramuannya, meliputi 3 buah blimbing wuluh, 3 buah bawang merah, 1 buah pala muda, ¾ sdt adas dan ¾ jari pulosari. Setelah semua bahan siap, campurkan kesemuanya dan haluskan. Setelah itu tambahkan 3 sdm minyak kelapa. Gunakan ramuan ini untuk mengolesi bagian yang mengalami sariawan.

  • Mengobati jerawat

Blimbing wuluh juga berkasiat ampuh membantu mengeringkan dan mengurangi jerawat yang mengganggu penampilan. Caranya ambil 6 bauah blimbing wuluh, ½ sdt bubuk belerang, dan ½ sdt air jeruk nipis. Setelah itu haluskan blimbing wuluh dan belerang, kemudian tambahkan air jeruk nipis. Selanjutnya oleskan ramuan trasdisional ini pada bagian wajah yang berjerawat, untuk hasil efektif lakukan 2 – 3 kali sehari.

  • Membantu mencegah diabetes

Nah kasiat blimbing wuluh selanjutnya adalah membantu mencegah penyakit diabetes. Caranya ambil 5-6 buah blimbing wuluh, kemudian blender hingga halus. Tambahkan segelas air putih dan rebus hingga mendidih. Bisa pula ditambah dengan sedikit madu alami untuk menambah rasanya.ramuan ini secara rutin setiap paga dan sore.

Itu tadi beberapa manfaat blimbing wuluh bagi kesehatan. Utamakan bahan – bahan tradisional untuk menjaga keluarga Anda tetap sehat. Semoga bermanfaat.

author