Manfaat Bermain Bersama Teman Sebaya bagi Anak

No comment 2616 views

Bermain di luar rumah bersama teman – teman sebaya sangat penting untuk mendukung proses tumbuh kembang anak, baik secara jasmani maupun rohani. Dengan bermain bersama teman sebayanya anak akan menemukan berbagai stimulus yang akan sangat bermanfaat untuk proses tumbuh kembangnya. Lantas apa saja manfaat bermain bersama teman sebaya bagi perkembangan anak? Berikut diantaranya.

anak bermain

Manfaat bermain dengan teman sebaya bagi anak

# Melatih komunikasi

Bermian dengan banyak teman tentu akan sangat bermanfaat bagi anak untuk melatihnya berkomunikasi. Dengan kebiasaan berkomunikasi dengan teman sebaya atau orang lain disekitarnya, akan menghindarkan anak dari rasa minder. Atau dengan kata lain akan meningkatkan kepercayadirian anak.

# Melatih bersosialisasi

Skill untuk bersosialisasi harus dilatih sejak dini agar kelak anak menjadi seorang individu yang easy going atau mudah bergaul. Dengan semakin sering bertemu dan bermain bersama teman sebayanya, secara tidak langsung anak telah belajar bagaimana mengenal orang lain dan bersosialisasi dengan lingkungan.

# Memperkaya pengalaman

Bermain sekaligus belajar mungkin merupakan sesuatu yang dapat menggambarkan suasan anak ketika bermain bersama di luar rumah. Banyak pengelaman dan hal menarik di luar rumah yang tidak akan pernah anak dapatkan ketika ia hanya berada di dalam rumah. Misalnya diluar anak bisa mengenali kupu – kupu, semut, bunga, rumput, dan sebagainya. Dimana kesemuanya itu tentu akan memperkaya pengalaman dan pengetahuannya.

author