Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

1368 views

Tahukah anda? ternyata brokoli banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan kita, untuk itu jangan segan untuk memasak aneka hidangan keluarga dengan menggunakan brokoli. Sayuran ini tidak hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk asupan saja tetapi ada beberapa manfaat yang diperoleh setelah makan makanan ini.

Brokoli mengandung vitamin C, dengan kandungan tinggi membantu tubuh menyerap zat besi yang dibutuhkan. Vitamin C membantu mencegah pertumbuhan katarak dan meringankan gejala flu biasa. Asam folat brokoli berguna untuk pertumbuhan jaringan normal pada bayi dan baik digunakan sebagai suplemen selama kehamilan.

Brokoli juga mencakup kalium untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan jumlah kalsium yang membantu mencegah osteoporosis. Sayuran ini sangat kaya akan serat yang membantu menjaga saluran pencernaan kita dan membantu dalam mengurangi kadar kolesterol.

Brokoli memiliki tiga komponen yang Indole-3-carbinol (I3C), sulforaphane, dan beta-karoten. I3C telah terbukti dapat mencegah kanker yang terkait dengan hormon. I3C juga ditemukan didalam sayuran kembang kol, kale kubis, brokoli, dan kubis Brussel.

Banyak sekali kan manfaat yang terkandung dalam brokoli ini. Jadi, manfaat kesehatan yang tersimpan dari sayuran ini adalah untuk mencegah atau mengendalikan penyakit Alzheimer, diabetes, kekurangan kalsium, penyakit jantung, arthritis, kanker paru-paru, kanker perut atau usus besar dan mencegah penuaan dini.

Semua bagian dari brokoli dapat dimakan mentah, Jika terlalu lama mengolahnya akan mengurangi nutrisi penting di dalamnya. Nah, untuk mempertahankan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya anda bisa mengukusnya, langsung digoreng, atau dimicrowave.

author