Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil

No comment 1077 views

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mencukupi seluruh kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. Pasalnya ia tidak hanya menanggung ketercukupan gizi bagi dirinya sendiri, namun juga bagi janin dalam kandungannya. Nemun dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ini ibu hami tentu harus berhati – hati dengan apa yang ia makan, karena tidak semua jenis atau bahan makanan diperbolehkan untuk ibu hamil. Ada beberapa yang memang harus dijauhi karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan kandungannya, seperti makanan dan minuman beralkohol. Sedangakan berbagai jenis makanan yang sangat dianjurkan antara lain buah dan sayuran segar yang higenis.

Nah berbicara mengenai buah dan sayur yang dianjurkan untuk ibu hamil ini, tentu ada banyak sekali macam buah yang bagus untuk ibu hamil. Salah satunya adalah alpukat. Buah alpukat sangat baik dikonsumsi dalam bentuk buah maupun jus.

alpukat

manfaat buah alpukat bagi ibu hamil

Mengapa alpukat baik untuk ibu hamil? Buah alpukat kaya akan berbagai zat nutrisi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil seperti asam folat. Menurut penelitian satu buah alpukat ukuran sedang mengandung sekitar 114 mg asam folat yang dapat mencukupi sekitar 30% kebutuhan asam folat harian ibu hamil. Asam folat ini sendiri sangat bemanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan berbagai organ janin dalam kandungan, seperti otak dan tulang belakang. Hal ini akan mencegah atau menurunkan bayi lahir cacat.

Selain asam folat, buah alpukat juga merupakan sumber kalium yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk menghindari stress berlebih. Pasalnya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menstabilkan detak jantung. Selain itu zat mineral ini juga sangat bermanfaat untuk pengoptimalan pembentukan sistem syaraf pada janin.

Kandungan lain yang terdapat pada buah alpukat adalah omega -9. Nutrisi ini akan membantu ibu hamil untuk menurunkan kadar kolestrol ke tingkat aman, sehingga tidak akan mengganggu proses kehamilan.

author