Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

No comment 632 views

Buah kurma tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Yap buah ini seringkali dijadikan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dan teksturnya yang khas membuat buah ini banyak digemari oleh masyarakat.

Namun tahukah Anda dibalik kenikmatan rasanya, ternyata buah kurma menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan? Benar saja, pasalnya buah yang konon berasal dari bantaran sungai Nill ini memang mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti serat, glukosa, lemak, kalsium, magnesium, klorida, fosfor, betakarotin, dan masih banyak lainnya.

kurma

Berikut bebrapa manfaat buah kurma untuk kesehatan

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan berbagai mineral yang ada didalamnya seperti magnesium, mangan, kalsium, dan selenium sangat baik untuk membantu memperkuat tulang dan gigi serta menjauhkan dari osteoporisis dini.

  1. Proses pembekuan darah

Buah kurma juga sangat efektif untuk proses embekuan darah. Pasalnya buah ini mengandung kadar vitamin K dan vitamin B kompleks yang tinggi. Selain membantu dalam proses pembekuan darah, vitamin ini juga berfungsi untuk mengatur metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein dalam tubuh.

  1. Baik untuk saraf dan otak

Buah kurma kaya akan kalium yang sangat berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem saraf seseorang. Selain itu kandungan yang terdapat dalam buah kurma juga dipercaya mampu meningkatkan aktivitas otak sehingga dapat membuat seseorang berfikir cepat dengan tingkat fokus yang tinggi.

  1. Mencegah stroke

Kurma kaya akan serat yang sangat baik untuk melancarkan berbagai sistem dalam tubuh. Salah satunya adalah untuk mengurangi kadar kolestrol jahat yang dapat memicu stroke. Untuk itu dengan mengkonsumsi kurma secara rutin dapat menghindarkan seseorang dari ancaman penyakit yang mematikan ini.

author