Manfaat Dongeng bagi Pekembangan dan Pertumbahan Anak

Seberapa tahukah Anda tentang dongeng untuk anak? Dongeng merupakan cerita fiktif yang umum disampaikan oleh orang tuanya kepada anak untuk menghibur dan membuatnya tenang ketika rewel. Yap anak – anak usia balita memang sangat senang ketika seseorang membacakan sebuah dongeng untuknya. Umumnya anak akan memeprhatikan dengan seksama serta tak jarang mereka akan banyak bertanya ketika di bacakan sebuah dongeng.

Namun tahukah Anda jika selain dapat dijadikan sebagai sarana untuk menghibur anak, ternyata dongeng juga memeiliki banyak manfaat, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Apa sajakah itu? Yuk pelajari sama – sama.

dongeng

3 Manfaat dongeng untuk anak

Pertama dongeng dapat merangsang imajinasi anak sehingga dapat melatih kecerdasannya. Tokoh – tokoh dalam dongeng umumnya merupakan tokoh – tokoh yang unik dan hanya rekayasa. Dengan pemberian gambaran sederhana tentang tokoh dan cerita dalam dongeng tersebut ternyata dapat membantu anak mengembangkan kemampuan imajinasinya yang secara tidak langsung dapat merangsang kecerdasan otaknya.

Kedua dongeng dapat melatih anak untuk banyak bertanya. Kebiasaan banyak bertanya tentu harus ditanamkan sejak dini dalam diri anak, karena banyak orang berpendapat bahwa bertanya adalah kunci orang cerdas. Ketika Anda membacakan sebuah dongeng untuk anak, usahakan untuk memberikan pancingan kepadanya agar ia menanyakan sesuatu terkait dengan dongeng yang Anda sampaikan.

Ketiga dongeng dapat membangun pribadi anak. Untuk hal usahakan untuk memilih dongeng yang menyampaikan pesan moral yang baik kepada anak, misalnya dongeng tentang balasan untuk anak durhaka seperti malin kundang, balasan untuk anak yang suka mencuri dan sebagainya. Sampaikan dongeng tersebutdengan bahasa sederhana sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh anak.

author