Manfaat Makan Ikan Untuk Ibu Hamil

No comment 762 views

Ibu hamil memang memiliki sederetan kegiatan yang harus dilakukan terutama dalam hal memilih makanan yang akan dikonsumsi. Menjaga kesehatan kandungan adalah salah satu tujuannya agar selama masa perkembangannya tidak mengalami hal buruk. Dan salah satu jenis makanan tersebut adalah mengkonsumsi ikan dalam jumlah tertentu.

Makan ikan untuk ibu hamil menawarkan banyak khasiat yang berguna untuk mencerdaskan janin. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, perkembangan janin pun menjadi lebih baik sekaligus memberikan kualitas produksi ASI. Hebatnya, tak hanya janin saja yang mendapat nutrisi tersebut, si ibu hamil pun akan tercegah dari yang namanya depresi setelah melahirkan.

makan ikan untuk ibu hamilHanya saja, tidak sedikit para ibu hamil merasa takut untuk mengkonsumsinya dengan berbagai alasan. Padahal, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa nutrisi yang dimiliki oleh ikan sangat baik terutama dalam mencerdaskan janin. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsinya.

Makan Ikan Untuk Ibu Hamil Membuat ASI Menjadi Berkualitas

Kelak, tiba saatnya ibu hamil akan memberi ASI eksklusif pada bayi agar tumbuh dan kembangnya lebih baik. Untuk itu, mengkonsumsi atau makan ikan untuk ibu hamil dipercaya akan semakin membuat ASI menjadi lebih baik. Hal ini didukung oleh kandungan ikan yang terdapat di dalamnya seperti DHA, EPA dan Linoleat. Menurut medis, ketiga unsur tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak nantinya.

Namun, ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari karena mengandung tingkat merkuri yang sangat tinggi. Apa saja ikan tersebut? Salah satunya adalah ikan hiu, todak, king mackerel dan tilefish. Semua jenis ikan tersebut berbahaya karena kandungan merkurinya akan menumpuk di jaringan lemak.

Maksimalkan Manfaat Ikan Dengan Pengolahan Tepat

Meskipun ikan sangat disarankan sebagai makanan wajib yang harus dikonsumsi, namun ibu hamil harus tahu mengolah dengan tepat. Hal ini penting agar kandungan yang terdapat di dalam ikan tersebut tidak hilang. Salah satunya adalah langsung mengolahnya setelah dibeli tanpa harus melalui lemari es. Selain aromanya masih segar, beberapa nutrisinya pun masih ada seperti vitamin D, protein dan asam lemak. Jadi, jangan tunda makan ikan untuk ibu hamil ya.

author