Manfaat Markisa untuk Kesehatan Keluarga

Markisa adalah buah yang banyak kita temui di daerah tropis seperti di Indonesia. Tanamannya mudah sekali tumbuh dengan jenis batang merambat. Buah markisa ada berbagai macam, dua terpopuler diantaranya adalah markisa kuning dan markisa merah. Buah ini biasanya dibudidayakan dipekarangan ataupun halaman rumah untuk dijadikan hiasan. Daya tumbuh dan regenerasinya pun sangat baik, karena dari bijinya pun dapat tumbuh bibit baru.

Lalu apa saja kandungan buah markisa? Jika kita tengok dari rasanya yang masam, tentu saja markisa mengandung banyak vitamin c. Vitamin C ini snagat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah sariawan. Selain itu, markisa juga mengandung antioksidan yang mampu melawan beberapa penyakit seperti kanker. Markisa juga mengandung betakaroten dan zat besi. Kandungan ini bermanfaat untuk perkembangan tulang dan gigi, perbaikan jaringan, mengurangi risiko artritis, penyakit Crohn, penyakit Parkinson, dan depresi. Kandungan seratnya pun cukup tinggi, yaitu 100 g Amrkisa mengandung serat 10.4 g atau 27%.

markisa

Berdasarkan rasa dan khasiatnya tersebut, maka saat ini muncul berbagai macam olahan markisa. Dari bidang pangan, markisa banyak dimanfaatkan sebagai sari minyman (syirup) dan manisan. Oleh karne amarkisa juga baik untuk kesehatan kulit, maka banyak pula diciptakan produk-produk kecantikan dengan ekstrak markisa sebagai bahan dasarnya. Mengkonsumsi markisa secara rutin, ternyata juga baik untuk Anda yang sedang dalam masa diet.

author