Manfaat Memandikan Bayi

No comment 1086 views

Memandikan bayi sebenarnya hal yang menyenangkan apalagi jika memandikan bayi anda sendiri. Tidak ada yang lebih menggemaskan daripada melihat bayi Anda menciprat-cipratkan air atau bermain begitu asyiknya sampai-sampai busa sabun memenuhi seluruh wajah dan tubuh mungilnya.

Belum lagi ia pasti tertawa-tawa, atau bahkan berteriak-teriak senang, sepanjang acara mandi ini.

Sebenarnya, acara mandi memiliki manfaat yang banyak sekali, selain  membersihkan tubuh bayi. Di antaranya adalah:

1. It’s bonding time!
Pada saat ini, Mama bisa rileks, melupakan stres yang mendera, dan melakukan berbagai hal yang fun bersama. Benar-benar hanya Anda dan anak. Di sini, bayi akan belajar bahwa Anda sangat menyayanginya dan merawatnya sepenuh hati.

Manfaatkan momen spesial ini untuk menatap matanya, mengelus-elus kulitnya yang lembut, mencium perutnya, menyanyikan berbagai lagu, mengobrol, dll. Nah, merasakan sentuhan lembut Mama dan mendengarkan suara Mama (tak peduli suara Anda fals atau kata-kata Anda benar atau tidak) akan membuat anak menyadari kalau Anda sangat mencintainya.

2. Belajar melalui pengalaman
Ada begitu banyak hal yang bisa dipelajari di sini, bagi bayi dan juga Mama. Di antaranya adalah mengasah panca indra anak. Caranya? Siramkan sedikit air di dekatnya. Ia pasti melirik atau bahkan menengok ke sumber suara tersebut.

Setelah ia agak besar dan sudah bisa duduk sendiri, ajarkan bagaimana menuang, mengisi, dan menyemprot air dari mainannya. Jangan lupa pula namakan setiap bagian tubuhnya (lalu ciumlah satu persatu).

3. Menenangkan bagi bayi rewel
Memang tidak ada yang lebih menenangkan (plus nyaman) selain mandi setelah seharian penuh beraktivitas. Dan bayi sangat suka bermain air. Tak heran kalau ia tidak ‘sempat’ rewel lagi.

4. Acara mandi menjadi ritual pengantar tidur.
Perasaan hangat, aman, nyaman, dan disayang ‘bekerja’ secara bersamaan pada saat bayi Anda mandi. Itu sebabnya mengapa si kecil cepat terlelap setelahnya.

Agar kulit bayi tetap lembap, sebaiknya Mama memandikan si kecil sebanyak 2 kali sehari. Akan lebih baik lagi jika ia dimandikan dengan air hangat selama 3 – 5 menit.

parenting.co.id

author