Manfaat Mendongeng Bagi Anak

No comment 542 views

tbc

Mendongeng merupakan suatu kebiasaan yang perlu Bunda pelajari. Bagi Ibu-Ibu yang telah memiliki skill mendongeng ini, Anda merupakan orang yang akan sangat membantu bagi kecerdasan putra-putri Anda. Mendongeng adalah suatu teknik bercerita dengan membawakan cerita-cerita yang tidak nyata dengan tokoh yang bermacam-macam, baik manusia, hewan, benda-benda, maupun tumbuhan.

Balita dan anak-anak sangat menyukai dongeng. Bahkan terkadang dia akan ketagiahan untuk didongengkan setiap hari. Sayangnya, kebiasaan mendongeng ini kini mulai ditinggalkan oleh ibu-ibu, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja. Hal ini sangat disayangkan, karena ternyata mendongeng memiliki banyak manfaat bagi kecerdasan anak. Berikut adalah manfaat mendongeng bagi perkembangan anak:

  1. Meningkatkan daya imajinasi

Ketika anak mendengarkan cerita dalam dongeng, otak anak akan bekerja untuk berimajinasi seolah-olah kejadian itu benar-benar terjadi.

  1. Meningkatkan kecerdasan emosional anak

Tokoh dalam dongeng, ada yang protagonis dan antagonis. Emosi-emosi yang muncul dalam cerita ini sangat mungkin untuk ditiru oleh anak. Oleh karena itu, Bunda harus memilih dongeng-dongeng yang baik untuk anak. Dongeng yang baik ini mengajarkan hal-hal yang baik pula, seperti “Kejujuran Samin yang Membuahkan Hasil”, bukannya “Kancil Mencuri Timun”.

  1. Meningkatkan kecerdasan verbal

Melalui bahasa-bahasa dalam dongeng yang diucapakan oleh Bunda, anak-anak akan menyerapnya, sehingga menambah kosa kata baru. Selain itu anak akan belajar tutur kata yang baik yang harus dilakukan, serta yang butuk untuk ditinggalkan.

 

author