Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil Bagi Janin

Pernah mendengar senam hamil? Ya, olahraga memang menjadi bagian dari gaya hidup sehat yang tidak dapat dipisahkan walau dalam kondisi apapun termasuk saat mengandung. Kita semua sepakat bahwa olahraga memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan termasuk mereka yang sedang menanti kelahiran anak. Salah satunya adalah memudahkan para ibu menghadapi proses persalinan.

Hebatnya lagi, tak hanya berhenti disitu, olahraga untuk ibu hamil juga mampu menurunkan kadar gula darah ke titik normal sehingga mereka tidak membutuhkan suntikan insulin. Berikut beberapa manfaat lainnya seperti :
olahraga untuk ibu hamil

Tubuh Terasa Bugar
Masa kehamilan memang tidak dapat dipisahkan dari yang namanya gangguan seperti tubuh yang mudah lelah, pinggang nyeri hingga postur tubuh yang berubah. Nah, dengan melakukan serangkaian olahraga yang dikhususkan untuk ibu hamil, kondisi tersebut akan berkurang. Bahkan, gejala lainnya seperti sembelit pun dapat berkurang sehingga melancarkan pergerakan usus. Waktu istirahat cukup karena membantu para ibu hamil untuk tidur pulas di malam hari.

Memudahkan Proses Persalinan
Otot kuat yang dihasilkan dari olahraga yang dilakukan secara rutin akan sangat membantu para ibu menghadapi persalinan. Termasuk, jantung yang berperan besar untuk mengontrol pernafasan dan mengatasi rasa sakit. Kesimpulannya, jika memiliki tenaga yang cukup maka daya tahan pun semakin lama.

Mudah untuk Tampil Langsing
Hamil berarti terjadi perubahan bentuk badan. Dengan melakukan olahraga secara teratur selama kehamilan, setidaknya mengurangi lemak yang bertumpuk. Namun, bukan berarti melakukan program diet selama hamil karena sangat berbahaya bagi kesehatan janin.

Namun, satu hal yang perlu diingat saat memutuskan melakukan olahraga untuk ibu hamil, perlu kiranya berbicara secara medis dengan dokter kandungan tentang jenis olahraga apa yang akan dipilih. Diskusikan dengan mereka tentang keluhan serta ada tidaknya batasan yang harus dilakukan mengingat ibu hamil memiliki sejarah kesehatan seperti kontraksi dini, pendarahan vagina, hingga tekanan darah tinggi.

Dengan begitu, akan didapat manfaat dari olahraga untuk ibu hamil yang pastinya akan membuat persiapan menanti si kecil.

author