Manfaat Segelas Air Putih Di Pagi Hari untuk Si Kecil

Air putih bagi kebanyakan anak mungkin merupakan jenis minuman yang paling tidak disukai. Tampilan dan rasanya yang tawar menjadi salah satu alasan mengapa anak tidak menyukainya. Akan – anak cenderung lebih menyukai minuman dengan rasa manis seperti susu dan jus. Padahal menurut banyak penelitian yang telah dilakukan, menyebutkan bahwa air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari memenuhi kebutuhan cairan tubuh hingga melancarkan berbagai proses yang terjadi dalam tubuh.

Bagi anak yang tengah memasuki usia balita umumnya sangat aktif bergerak dan sulit untuk berhenti. Hal seperti tentu akan menyebabkan banyak cairan dalam tubuhnya terkuras sehingga ia membutuhkan banyak suplay cairan untuk menggantikannya. Dalam keadaan normal idealnya setiap orang membutuhkan minimal 8 gelas air putih setiap harinya.

Oleh sebab itu usahakan untuk membiasakan anak gemar nimun air putih, terlebih pada waktu pagi hari. Pasalnya meminum segelas air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan anak. Apa saja manfaatnya? Yuk simak sama – sama.

Manfaat minum air putih di pagi hari

air putih

Menyehatkan organ ginjal

Meskipun nampak sederhana ternyata meminum segelas air putih di pagi hari mampu membersihkan ginjal dan menghindarkannya dari berbagai gangguan, dengan demikian ginjal si kecil akan tetap sehat. Selain itu segelas air putih juga mampu membantu meringankan fungsi dan kerja ginjal.

Menyehatkan usus besar

Usus besar memegang peranan penting pada sistem pencernaan anak. Dengan asupan segelas air putih setelag bangun tidur ternyata mampu memberikan dampak posistif bagi fungsi dan kesehatan organ ini. Dengan demikian proses penyerapan nutrisi pada bagian ini akan berjalan dengan lancar sehingga anak akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Membantu mengontrol berat badan

Konsumsi air putih setiap hari juga mampu mengendalikan laju pertumbuhan berat badan anak. Dengan demikian si kecil akan terhindar dari resiko obesitas yang membahayakan.

Menjaga suplay oksigen di otak

Air putih dapat membantu melancarkan berbagai proses dalam tubuh, termasuk melancarkan peredaan darah. Dengan adanya aliran darah yang normal atau lancar dari dan ke otak, maka suplay oksigen di otak akan tetap terjaga. Hal ini akan berdampak positif bagi peningkatan konsentrasi anak, sehingga secara tidak langsung dapat membatu proses belajarnya.

author