Manfaat Sentuhan dalam Pertumbuhan Bayi Prematur

No comment 483 views

Sentuhan merupakan salah satu hal yang berdampak penting bagi pertumbuhan bayi prematur. Dengan sentuhan yang lembut, seorang bayi mampu menemukan kebahagiaan, ketenangan, dan kenyamanan pada tubuhnya. Dengan sentuhan pula, seorang bayi bisa berkembang lebih baik. Kemudian, apa saja manfaat sentuhan bagi pertumbuhan bayi premature secara mendetail? Kami memberikan beberapa contohnya khusus untuk anda di bawah ini.

Menstimulasi perkembangan fisik

Seorang bayi prematur biasanya mempunyai tingkat perkembangan yang lebih lambat dbandingkan bayi normal lainnya. Sehingga, mereka amat membutuhkan sentuhan dan belaian lembut dari orang tua. Dengan sentuhan, maka bayi prematur akan mendapatkan peningkatan berat badan hingga 47 persen dibandingkan bayi prematur yang tidak atau jarang mendapatkan sentuhan.

Sentuhan bisa menstimulasi terbentuknya hormon pertumbuhan serta beberapa enzim tertentu yang berperan penting dalam masa kembang si bayi.

Menstimulasi perkembangan otak

Sentuhan secara langsung mampu meningkatkan proses pengiriman serta penerimaan pesan ke otak sehingga bayi mampu mempunyai pemikiran yang cepat di masa mendatang. Ini terjadi karena secara langsung sentuhan mampu meningkatkan pertumbuhan myelin, sebuah sarung pembungkus saraf pada otak yang berperan dalam penerimaan pesan.

Memberikan control terhadap perilaku bayi

Berdasarkan banyak penelitian, ditemukan bahwa bayi yang sering mendapatkan sentuhan serta belaian akan mampu dengan mudah dikontrol perilakunya. Bayi juga akan tidur dengan lebih nyenyak dan tida menjadi pribadi yang rewel karena beragam situasi yang ada di sekitarnya.

Meningkatkan rasa percaya diri

Melalui sentuhan yang lembut bayi akan mendapatkan rasa aman dan nyaman. Mereka juga akan lebih percaya diri serta merasa dihargai, disayangi, dan diperhatikan. Tentu saja, dengan situasi tersebut sang bayi akan mendapatkan rasa percaya diri tinggi dalam menghadapi banyak hal di dalam kehidupannya.

Merangsang bayi untuk mengenal indera peraba

Untuk memperkenalkan indera peraba dan membuatnya lebih peka terhadap rangsangan, anda bisa melakukannya dengan pemberian sentuhan. Cobalah untuk sesering mungkin mengasah indera peraba bayi dengan cara memberikan sentuhan.

Itulah beberapa hal penting dalam meningkatkan pertumbuhan bayi prematur yang bisa anda coba sendiri di rumah.

author