Manfaat Terapi Musik Untuk Anak Autis

No comment 1320 views

Terapi musik untuk anak autis memang merupakan sebuah cara ampu dalam meningkatkan kecerdasan yang mereka miliki. Sangat positif dan patut untuk dicoba. Berdasarkan penelitian, terapi musik memberikan anak sebuah kenyamanan karena mereka tidak kontak langsung dengan manusia dan hanya terkena rangsangan musik.

Manfaat terapi musik untuk anak autis

Meningkatkan kecerdasan emosional anak

Seorang anak autis biasanya cenderung menyendiri, sungkan, dan bisa saja mereka begitu mudah tersinggung. Namun, ketika seorang anak mempunyai penyakit autis kemudian diberikan terapi musik, maka ia akan merasa nyaman, kemudian emosinya perlahan-lahan cendrung bisa diperbaiki dengan baik.

Menjadi pribadi yang mudah bergaul

Melalui musik, anak autis seakan mendapatkan sebuah hal yang menyenangkan dan cenderung mendapatkan rangsangan yang nyaman. Kita tentu mengetahui bahwa anak autis masih begitu sungkan apabila harus berhubungan denga orang lain. Mereka seakan menolak kontak social dan cenderung menyendiri. Dalam konteks ini, musik bisa menjadi perantara yang membuat mereka percaya diri dalam membangun hubungan dengan orang yang ada di sekitarnya.

Lebih terbuka

Anak autis bisa lebih merespon dengan baik sebuah bunyi yang ditimbulkan dari musik daripada komunikasi verbal dengan orang lain. Kesadaran komunikasi mereka yang belum tinggi bisa dibangun melalui sarana musik yang membuat mereka terangsang untuk mampu berkomunikasi dengan baik kepada orang lain.

Menciptakan linkungan yang bebas rasa takut

Respon musik yang baik dari anak anak autis bisa membuat mereka mampu menciptakan sebuah lingkungan yang bebas dari rasa takut, ancaman, dan beragam kekhawatiran mengenai hal buruk lainnya. Anak juga bisa memberankan diri mereka untuk terus berpikir dengan kreatif dan mengekplorasi pikiran mereka.

Sesi Terapi musik untuk anak autis

Terapi musik untuk anak autis merupakan sebuah terapi yang dievaluasi untuk kebutuhan anak. Ketika seorang anak mengalami autis, mak langkah-langkah terapinya adalah sebagai berikut.

  • Mendengarkan musik
  • Memainkan alat musik
  • Bergerak dengan mengikuti irama musik
  • Bernyanyi sesuai dengan musik yang ada

Itulah beberapa manfaat dan langkah terapi musik untuk anak autis. Selamat mencoba.

author