Manfaat Tidur Tengkurap Pada Bayi

No comment 749 views

Tidur tengkurap pada bayi adalah sebuah cara tidur yang banyak dihindari oleh para orang tua. Sebagian besar orang tua merasa ragu bahkan khawatir kalau bayi mereka mendapatkan sindrom kematian mendadak pada bayi. Kendati demikian, ada banyak manfaat yang bisa bayi dapatka dari tidur tengkurap yang tentu saja harus selalu diawasi dengan baik.

Seorang bayi yang ditidurkan secara tengkurap juga harus berada pada usia yang cukup agar ia mampu memindahkan kepalanya sendiri. Ketika ia belum mampu mendapatkan sebuah gerakan pada kepala, maka bayi akan sulit untuk menggerakannya dan kemudian tertutup oleh kasur sehingga sulit bernapas. Apa saja manfaat tidur tengkurap pada bayi? Berikut ini kami hadirkan beragam manfaatnya.

Melatih paru-paru bayi menjadi kuat

Ketika seorang bayi tidur secara tengkurap, maka sudah barang tentu paru-parunya akan bersentuhan dengan kasur dan menjadi penopang tubuh bayi tersebut. Situasi ini bisa membuat bayi mempunyai tulang paru-paru yang lebih kuat karena terus dilatih menggunakan sistem tidur tengkurap tersebut.

Penguatan otot leher

Bayi akan mendapatkan kekuatan leher, punggung, dan otot tubuh lainnya. Pada usia 4 bulan, bayi mampu secara sadar menopang kepala serta lehernya. Ia juga mampu mendorong badan dengan menggunakan siku tangan karena mempunyai otot-otot yang sudah terlatih.

Ketika bayi anda sudah terlatih untuk melakukan beberapa hal tersebut, maka secara langsung ia akan mampu mengangkat tubuhnya, membalikkan badan, menggeser, serta menggulingkan badan. Jadi, ketika bayi berada pada posisi terlentang, maka ia mampu tengkurap secara sendiri.

Bayi akan tidur lebih nyaman

Ketika bayi anda tidur tengkurap, maka hal tersebut juga mampu membuat bayi tidur dengan lebih nyaman serta nyenyak. Tentu saja anda disarankan untuk memperhatikan kebersihan tempat tidur bayi, memberikan kenyamanan yang terjamin, dan melakukan pengawasan secara terus-menerus. Karena salah satu hal yang dianjurkan dalam tidur tengkurap pada bayi adalah sistem pengawasan yang baik.

author