Mari Mengenal Rumah Autis, Sebuah Gerakan Mulia Peduli ABK

Rumah autis merupakan sebuah organisasi kemanusiaan yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelayanan terpadu untuk penderita autis dan anak berkebutuhan kusus (ABK). Organisasi ini menitikberatkan pada anak autis dari keluarga yang kurang beruntung secara ekonomi dengan menyelenggarakan kegiatan terapi dan pendidikan dengan biaya yang sangat terjangkau atau bahkan geratis.

Rumah autis mulai berdiri pada tanggal 9 Desember 2004 sebagai buah gagasan dari sepasang suami istri Deka Kurniawan dan Laili Ulfiati beserta dua rekannya yang merupakan terapis muda yakni Ismunawaroh dan Henny Ma’rifah, yang kesemuanya merasa prihatin dan terpanggil akan kondisi yang terjadi pada anak autis pada kalangan masyarakat bawah.

rumah autis

Pada awalnya pergerakan rumah autis ini hanya mengandalkan pada segelintir donator dan menyelenggarakan kegiatannya disebuah rumah kontrakan di daerah Jati Makmur, Pondok Gede, Bekasi. Namun seiring berjalannya waktu, rumah autis ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat luas sehingga dapat terus berkembang dan bahkan kini telah memiliki banyak cabang yang tersebar di daerah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok dan Karawang.

Adapun misi mulia yang hendak dicapai oleh organisasi ini adalah (1) Membangun dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat dan negara terhadap dunia anak-anak berkebutuhan khusus, terutama dari kalangan tidak mampu, (2) Membangun dan menyuburkan pemahaman serta kultur hidup dunia anak berkebutuhan khusus yang sehat secara spiritual, emosional, intelektual maupun material.

author