Masalah Sosial dalam Keluarga dan Dampaknya bagi Kondisi Anggota Keluarga

Keluarga adalah fondasi bagi perkembangan hidup manusia sehingga masalah yang ada dalam keluarga akan sangat mempengaruhi kondisi dari masing-masing anggota keluarga. Banyak masalah yang muncul dalam kehidupan keluarga contohnya saja masalah sosial dalam keluarga.  Mulai dari perceraian. Perceraian orang tua sangat berpengaruh pada kondisi mental anak. Mereka bisa saja tumbuh menjadi pribadi yang menyendiri dan tidak mempercayai sebuah ikatan perkawinan. Saat remaja mereka akan tumbuh tanpa bimbingan orang tua dan mencarinya di tempat yang salah. Banyak kasus remaja yang terlibat narkoba atau perkelahian antar pelajar adalah mereka yang berasal dari keluarga yang sudah tercerai berai akibat perceraian.

Kesenjangan sosial antara pasangan bisa juga mempengaruhi keharmonisan keluarga itu sendiri. Hal ini bisa disebabkan oleh gaya hidup atau budaya yang berbeda dimana mereka dibesarkan. Bila dibiarkan saja maka masalahnya akan menjadi lebih besar dan merusak keharmonisan dalam keluarga. Keluarga yang tidak harmonis bisa berujung pada perceraian dan dapat dibayangkan bagaimana perasaan kedua pihak yang berpisah apalagi bila mereka sudah memiliki keturunan.

Kasih sayang seharusnya menjadi landasan dalam kehidupan berkeluarga. Saling menyayangi dan menghormati keinginan pasangan adalah jalan untuk memulai hidup yang harmonis. Permasalahan yang ada hendaknya diselesaikan sejak dini agar tidak membesar dan berujung pada hal yang sebenarnya tidak diinginkan oleh siapapun juga terutama bagi anak dan pasangan itu sendiri.

author