Melatih Anak Kidal Bijak Menggunakan Kedua Tangaannya

Anak Anda lebih suka menggunakan tangan kiri atau kidal? Jangah khawatir! Ini bukanlah masalah yang harus terlalu Anda cemaskan. Anda hanya perlu melakukan beberapa arahan kepada si kecil agar bisa bijak menggunakan kedua tangannya meskipun kidal.

kidal

Tips bijak mengarahkan anak bertangan kidal

  • Kenali tangan yang lebih dominan sejak dini. Untuk anak usia bayi hingga sekitar usia 18 bulan tangan mana yang lebih dominan masih belum begitu nampak. Namun setelah usia itu bayi secara bertahap akan menunjukkan tangan mana yang lebih dominan untuknya. Nah dengan mengetahui sedini mungkin apakah si kecil kidal atau tidak, ini akan sangat membantu Anda untuk membuat kebiasaan padanya.
  • Biaskan kondisi tersebut. Antara tangan kanan dan kiri lebih dominan mana, itu tidak disebabkan oleh kebiasaan. Namun lebih disebabkan karena pengaturan kerja otak. Untuk itu hindari memaksa anak kidal menggunakan tangan kanan sebagai tangan dominannya. Hal ini justru dapat membuatnya bingung dan dapat menghambat perkembangan motorik anak.
  • Latih anak memiliki keseimbangan gerak. Artinya meskipun tangan kiri anak lebih dominan, Anda pun juga harus melatih kemampuan tangan kanannya sebagai penyeimbang.
  • Kenal dan biasakan fungsi sosial tangan. Sebagai anak kidal, ia menjadi sosok yang harus mendapatkan perhatian spesial dari Anda. Meskipun tangan dominannya adalah tangan kiri, namun untuk masalah sosial seperti berjabat tangan, memberi dan menerima sesuatu lebih baik Anda mengbiasakannya menggunakan tangan kanan. Hal ini lebih kepada kebiasaan sosial masyarakat di negara kita. Sementara itu untuk urusan individual seperti menulis dan memegang benda biarkan ia menggunakan tangan kirinya.

author