Melatih Anak Menabung

No comment 570 views

Membiasakan anak gemar menabung bisa dilakukan dari sekarang. Kelak, anak bisa menjalani hidup hemat dengan baik.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan orangtua untuk mengajari anak hidup hemat.

Beri contoh

Beri contoh secara konsisten dalam tindakan Anda sehari-hari yang menghargai uang dan tidak boros. Anak lebih mudah menyerap pelajaran melalui contoh ketimbang nasihat.

Ajarkan membuat prioritas

Anak perlu diajar untuk membelanjakan uang saku menurut prioritasnya. Apa sih prioritas dalam penggunaan uang saku? Jelas, untuk membayar transportasi, dan makan selama di sekolah. Buku (di luar buku sekolah) dan mainan bisa menyusul.

Beri tahu anak bedanya “butuh” dan “ingin”

Coba juga mengajarkan anak agar dia bisa membedakan mana barang-barang yang benar-benar dia butuhkan untuk dibeli terlebih dahulu dan mana barang-barang yang sebetulnya hanya diinginkan sehingga bisa ditunda kalau memang belum terlalu penting.

Uang saku tidak selalu harus dihabiskan

Kasih tahu kepada anak bahwa yang namanya uang saku tidak selalu harus dihabiskan. Ada saatnya uang saku harus ditabung. Pertama-tama, Anda bisa mengajarkan si anak untuk memakai celengan. Setelah jumlahnya agak banyak, uang itu bisa dipindahkan ke tabungan di bank.

Ajar anak mengatur penggunaan uang saku

Begitu usianya memadai, mulai berikan anak uang saku untuk jangka waktu tertentu dan ajarkan dia untuk mengaturnya sendiri. Katakan kepada anak, uang itu harus dia kelola dengan baik karena jika boros, maka tidak akan mendapat tambahan uang saku. Dengan begitu, pelan-pelan anak bisa mengatur pengeluarannya.

Ambil keputusan

Biasakan anak mengambil keputusan atas masalah keuangan sedini mungkin. Uang saku yang Anda berikan, diharapkan dapat mengajarkan anak mengelola uangnya dengan baik. Besarnya uang saku bergantung pada banyak hal, misalnya usia anak.

Buka rekening di bank

Beri anak motivasi untuk menyimpan uang. Bukakan rekening tabungan dan beri sejumlah uang untuk “modal” awal. Diskusikan dengan mereka untuk menetapkan suatu tujuan tertentu yang akan mereka penuhi dari hasil tabungan yang nilai nominalnya cukup besar.

Dorong anak kreatif dan hemat

Anak juga bisa didorong untuk kreatif mendapatkan uang atau menghemat pengeluaran mereka dengan misalnya, membuat sendiri mainannya, mendapatkan upah dengan mencuci mobil, atau menyewakan koleksi bukunya kepada teman-temannya.

Sumber: msn.com

author